Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Peliput Berita dan Jurnalis Ikuti Rapid Test

Puluhan Peliput Berita dan Jurnalis Ikuti Rapid Test

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sebagai upaya preventif pencegahan penyebaran dan penularan Corona Virus Disease (COVID-19), selain untuk para tenaga medis, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga memberikan rapid test kepada para staf peliput berita dan segenap jurnalis media mitra Pemkab Probolinggo, Rabu (7/5/2020) siang di ruang Media Center COVID-19 Kantor Bupati Probolinggo.

Ikhtiar tersebut untuk melindungi mereka agar tetap bisa menjalankan fungsi dan tugasnya tetap dalam kondisi aman dan sehat. Mengingat tugas mereka selalu bersinggungan dengan kerumunan massa, bahkan tempat-tempat beresiko tinggi terhadap paparan virus korona seperti rumah sakit, rumah karantina dan lain sebagainya.

Saat itu masing-masing jurnalis secara bergiliran diambil sample darahnya untuk diperiksa dengan metode kapiler oleh para petugas UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Probolinggo. Seluruh hasil tes kemudian akan dilaporkan terlebih dahulu kepada Dinas Kesehatan sebelum diketahui oleh masing-masing peserta test.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengemukakan rapid test ini diadakan tanpa ada paksaan. Namun atas kemauan para jurnalis yang dengan sadar mengajukan diri untuk ikut test dengan alasan kondisi dan resiko pekerjaan yang harus mereka jalani sehari-hari di tengah wabah COVID-19.

Yulius menjelaskan sebenarnya hasil test sudah bisa diketahui pada 20 menit pertama namun protapnya mengharuskan para petugas untuk melaporkan hasilnya terlebih dahulu kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah hasil rapid test semua jurnalis pada tahap pertama ini non reaktif atau negatif. Artinya mereka semua dalam kondisi sehat. Kami harap kedepannya demi kesehatan keluarga dan orang lain disekitar mereka, agar mereka lebih disiplin lagi dalam melindungi diri saat bertugas ,” tandas Yulius Christian. (dra)

cww trust seal