Friday, December 3, 2021
Depan > Berita Terkini > Puluhan Kaum Dhuafa Fakir Terima Bantuan Biaya Hidup

Puluhan Kaum Dhuafa Fakir Terima Bantuan Biaya Hidup

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 59 orang kaum dhuafa fakir dari seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo program bantuan biaya hidup dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo.

Bantuan biaya hidup ini akan diberikan setiap bulan selama tahun 2020 dengan besaran bantuan bervariasi tergantung dari kriterianya. Diantaranya, Rp 250 ribu, Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil mengatakan program bantuan biaya hidup bagi kaum dhuafa fakir ini bertujuan untuk merealisasikan hak fakir sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Anggaran dari bantuan biaya hidup ini berasal dari zakat dan infaq yang disalurkan oleh ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

“Harapannya dengan adanya bantuan biaya hidup ini kaum dhuafa fakir tidak lagi harus menunggu pemberian tetangga untuk makan karena sudah bisa mengelola sendiri keuangan yang didapatnya untuk biaya hidup sehari-hari,” harapnya.

Menurut Muzammil, untuk bantuan biaya hidup sebesar Rp 500 ribu diberikan kepada kaum dhuafa fakir dengan kriteria hidupnya sebatang kara, tidak mempunyai keturunan dan anak serta untuk makan sehari-hari masih menunggu bantuan dari tetangga sekitar.

“Selanjutnya untuk bantuan biaya hidup sebesar Rp 300 ribu diberikan kepada kaum dhuafa fakir, usia lanjut dan tidak mempunyai suami serta untuk makan dibantu tetangganya. Sedangkan untuk yang Rp 250 ribu diberikan kepada kaum dhuafa fakir yang masih bisa bekerja serabutan. Untuk makan saja masih harus bekerja dan hasilnya langsung habis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

Muzammil menambahkan bantuan biaya hidup bagi kaum dhuafa fakir ini diharapkan bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. “Semoga bantuan biaya hidup ini mampu berbagi kebahagiaan dengan para kaum dhuafa fakir di Kabupaten Probolinggo. Ini semua tidak terlepas dari peranan ASN Pemkab Probolinggo yang menyalurkan zakat dan infaqnya di Baznas Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)