Friday, December 3, 2021
Depan > Pendidikan > Puluhan Guru PAUD Ikuti Rakorev dan RTL Penyiapan Lembaga PAUD Maju Akreditas

Puluhan Guru PAUD Ikuti Rakorev dan RTL Penyiapan Lembaga PAUD Maju Akreditas

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Sedikitnya 26 guru PAUD dari 31 lembaga PAUD se-Kecamatan Besuk mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) penyiapan lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) maju akreditasi, Sabtu (26/10/2019) di Kantor Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Besuk.

Rakorev dan RTL penyiapan lembaga PAUD maju akreditas ini dihadiri oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo dan Asesor Pendamping Kabupaten Probolinggo Supaidah serta tim asesor BAN PAUD dan PNF Jawa Timur Zakiroh Ermawati dan Erwin Ismuniri.

Dalam kesempatan rakorev ini Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menyampaikan ikhtiar dan kerja keras para pengelola dan guru PAUD 3 bulan terakhir fokus pada review hasil pemetaan mutu PAUD oleh BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur dilanjutkan dengan pengisian instrumen Sispena secara online terhadap 8 standar pendidikan.

“Tertib, lancar dan suksesnya pelaksanaan visitasi tahap 5-6, sesuai jadwal BAN PAUD PNF Jawa Timur 14 hingga 26 Oktober 2019 terhadap 2 lembaga PAUD di Kecamatan Besuk. Yakni, KB As Salam Desa Besuk Agung dan KB PGRI Kecik 2 Desa Kecik,” katanya.

Massajo menerangkan, lolosnya 2 lembga PAUD maju akreditasi saat ini tentu tidak lepas dari semangat lembaga pimpinan lembaga, guru, wali murid dan dukungan Penilik, asesor pendamping bahkan Camat Besuk Puja Kurniawan yang juga turut memberikan support pembinaan dan memberi arahan agar di setiap kegiatan rapat-rapat di desa, Musrenbangdesa dan lain-lain.

Sementara pembinaan dari Asesor Pendamping Supaidah menyampaikan apresiasi dan acungan jempol terhadap 2 lembaga PAUD yang sangat bersemangat hingga masuk SK Penetapan Akreditasi BAN PAUD dan PNF tahap 5-6. Kuncinya adalah keberanian untuk maju akreditasi dengan melengkapi dan menguploud semua dokumen 8 standar pendidikan pada aplikasi Sispena.

“Berikutnya masih ada tambahan kuota sasaran sekitar 500 lembaga PAUD di tahap 7 yang diinfokan oleh BAN PAUD dan PNF Jawa Timur. Mari ambil kesempatan baik ini khususnya 13 lembaga PAUD yang kemaren sudah mengisi Sispena dan list NPSN-nya. Saya siap memberi waktu dan pendampingan bersama Penilik hingga betul-betul fix dan lengkap,” ujarnya.

Dalam kesempatan akhir rapat diberi waktu 2 Kepala KB maju ke depan untuk berbagi cerita suka dan semangatnya maju akderitasi. “Harapannya semua guru PAUD yang hadir bisa maksimal dan siap maju akreditasi di akhir tahun 2019 ini dan terus memenuhi di tahun 2020,” harapnya. (wan)