Monday, April 22, 2024
Depan > Kesehatan > Pulihkan Penderita Covid-19 Tanpa Gejala dengan Disiplin Terapkan 3M

Pulihkan Penderita Covid-19 Tanpa Gejala dengan Disiplin Terapkan 3M

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica memberikan tips agar orang yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dapat segera pulih.

“Pertama, jaga kebersihan dan kesehatan rumah. Rutin membersihkan rumah dan bersihkan seluruh permukaan dengan disinfektan. Kedua, pola hidup bersih dan sehat. Jaga makanan bergizi seimbang, olah raga rutin dan teratur, terapkan etika batuk dan bersin, pastikan pikiran tetap tenang,” katanya.

Ketiga, pakai masker. Rutin memakai masker. Rutin mengganti masker tiap 4 jam. Selalu cek kebersihan masker kain. Jika masker sekali pakai kotor, bungkus dan buang ke tempat sampah. Keempat, pemilihan ruang isolasi yang tepat. Kamar terpisah dengan yang lain, jaga jarak 1-2 meter, alat makan dan mandi sendiri, kamar mandi terpisah.

“Kelima, rutin periksa kondisi tubuh dan berjemur. Cek suhu dan kondisi klinis, berjemur matahari pagi 10-15 menit. Keenam, jika timbul gejala, tetap ditempat, lakukan konsultasi secara online/telemedicine atau hubungi layanan kesehatan terdekat,” jelasnya.

Menurut Dewi, beruntunglah warga Kabupaten Probolinggo karena Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menyediakan rumah isolasi sehat bagi semua warga Kabupaten Probolinggo yang terkonfirmasi positif, sehingga yang dibutuhkan penderita baik medis, kebutuhan spiritual dan psikologis semua difasilitasi.

“Senyaman-nyamannya rumah isolasi yang disediakan, tentu lebih nyaman di rumah sendiri kan. Yuuk jangan beri peluang tubuh kita terpapar virus Covid-19, tetap sabar dan disiplin terapkan 3M nya. Salam sehat selalu,” pungkasnya. (wan)