Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Promosikan Produk Lokal, Pemkab Ikuti Pameran Produk Unggulan KUKM Expo 2023

Promosikan Produk Lokal, Pemkab Ikuti Pameran Produk Unggulan KUKM Expo 2023

Reporter : Syamsul Akbar
SURABAYA – Dalam rangka mempromosikan produk lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) mengikuti pameran produk unggulan bertajuk KUKM Expo 2023 di Grand City Surabaya, 11 hingga 13 Agustus 2023.

Pameran yang diikuti oleh kabupaten/kota serta perusahaan swasta di wilayah Provinsi Jawa Timur ini digelar dalam memperingati Hari Koperasi Nasional dan Hari UMKM tahun 2023.

Untuk pameran ini, stand dari DKUPP mengangkat konsep Tengger. Dimana sebagian besar produk yang ditampil memiliki nuansa Tengger dengan jargon Bela Beli Produk Lokal. Produk yang ditampilkan diantaranya kopi Tengger, gerabah, ukir, batik pewarnaan alam, bawang merah mentah dan olahan, buah mangga dan kentang.

Tidak hanya menampilkan produk lokal, setiap harinya ada demonstrasi dan disediakan sertifikat. Hari pertama ukir mebel antique oleh CV Gemilang Jati, hari kedua seduh kopi dari Tengger Arabica oleh Aworjiwa Coffe Farm & Café dan hari ketiga Menolak Patah Arang Melalui Kerajinan Gerabah oleh Gerbek Probolinggo-Pengerajin gerabah. Selama tiga hari mengikuti KUKM Expo 2023, omset yang diperoleh mencapai sekitar Rp 20 juta hingga 30 juta.

“Untuk pameran produk unggulan di KUKM Expo 2023 ini kami mengangkat konsep Tengger. Jadinya semuanya, baik stand maupun produknya bernuansakan Tengger,” kata Plt Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang Usaha Mikro Winda Permata Erianti.

Keunikan yang ditampilkan oleh stand dari DKUPP Kabupaten Probolinggo ini menarik perhatian dari banyak pengunjung. Oleh karenanya, mereka berbondong-bondong mengunjungi stand untuk melihat produk, membeli dan mengikuti demonya.

“Alhamdulillah, dalam pameran produk unggulan KUKM Expo 2023 ini, stand Kabupaten Probolinggo terpilih sebagai juara 2 stand terbaik. Konsep Tengger yang kami angkat dinilai unik dan masuk dari semua sisi. Terlebih kami mengangkat kearifan lokal. Prestasinya luar biasa, karena juara 1 dan juara 2 adalah BUMN,” jelasnya.

Menurut Winda, keikutsertaan dalam pameran KUKM Expo 2023 ini bertujuan untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan omset dalam mendukung program Bela Beli Produk Lokal.

“Melalui kegiatan ini harapannya produk lokal Kabupaten Probolinggo bisa dikenal lebih luas lagi, sehingga pembelinya tidak hanya dari Kabuaten Probolinggo saja. Kami bersyukur karena ada daerah lain yang tertarik dengan produk yang kami tampilkan. Semoga ke depan ada keberanjutannya hingga bisa dibuat semacam kerja sama,” pungkasnya. (wan)