Sunday, June 13, 2021
Depan > Pemerintahan > Potong Tumpeng Warnai Tasyakuran Harkop ke-73 dan Hari UMKM ke-5

Potong Tumpeng Warnai Tasyakuran Harkop ke-73 dan Hari UMKM ke-5

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Rangkaian peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-73 dan Hari UMKM ke-5 Tahun 2020 diisi dengan tasyakuran di KUD Argopuro Desa Krucil Kecamatan Krucil, Sabtu (11/7/2020) pagi.

Tasyakuran yang digagas oleh KUD Argopuro ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Elfrida Anung Widiarto bersama keluarga besar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Forkopimka Krucil, pemerhati koperasi Kabupaten Probolinggo Ismail Pandji, Ketua KUD Argopuro Supriyadi bersama seluruh pengawas dan pengurus, para peternak serta lansia yang ada di wilayah Kecamatan Krucil.

Kegiatan ini diawali dengan bersepeda bersama dengan mengambil start di pertigaan Kantor Desa Bermi Kecamatan Krucil dan finish di Rumah Susu KUD Argopuro Desa Krucil Kecamatan Krucil.

Meskipun rute yang ditempuh menurun, tetapi medan yang dilalui cukup sulit sehingga harus ekstra waspada dan hati-hati. Melalui perjuangan yang berat, akhirnya seluruh peserta bersepeda bersama sampai di garis finish.

Tasyakuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng pertama oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto dan diserahkan kepada pemerhati koperasi Kabupaten Probolinggo Ismail Pandji. Sementara pemotongan tumpeng kedua dilakukan oleh Ketua KUD Argopuro Supriyadi dan diserahkan kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto.

Diserahkan pula bantuan tandon air cuci tangan sebagai kegiatan bakti sosial (baksos) oleh Ketua DWP Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Elfrida Anung Widiarto kepada 3 (tiga) kelompok lansia di Kecamatan Krucil.

Ketua KUD Argopuro Supriyadi mengungkapkan koperasi ini yang penting adalah kebersamaan dan komitmen. Oleh karena itu, harapannya anggota mendukung penuh keberadaan koperasi sehingga koperasi memberikan suatu manfaat kepada anggotanya.

“Oleh karena itu segala bentuk kerja sama yang baik antar koperasi maupun pembinanya dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo diharapkan dalam rangka menyongsong ke depan bahwa koperasi harus bermanfaat kepada para anggota dan masyarakat sekitarnya,” harapnya.

Selanjutnya Supriyadi memekikkan yel-yel dari KUD Argopuro. “Peternak Tangguh Produksi Tumbuh. Anggota Sehat Koperasi Kuat. Tiada Hari Tanpa Prestasi. Tiada Prestasi Tanpa Gizi. Ayo Minum Susu Setiap Hari. Agar Mencetak Peternak yang Berdaya Saing Tinggi”.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyampaikan ucapan terima kasih kepada KUD Argopuro karena mau bekerja sama dalam memperingati Hari Koperasi ke-73 dan Hari UMKM ke-5.

“Bagaimanapun juga Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo sebagai pembina sekaligus mitra selalu mendukung bagaimana koperasi di Kabupaten Probolinggo bisa jaya,” katanya.

Menurut Anung tasyakuran Hari Koperasi ke-73 dan Hari UMKM ke-5 tahun 2020 ini bertujuan bagaimana memasyarakatkan koperasi dan UMKM serta membangun branding (citra) positif koperasi dan UMKM.

“Saya menyampaikan ucapan selama karena KUD Argopuro menjadi koperasi pertama dan satu-satunya yang telah berhasil mendapatkan standarisasi manajemen mutu ISO 9001:2015. Tentunya ini harus menjadi penyemangat untuk terus memajukan koperasi,” jelasnya.

Anung mengharapkan dengan keberadaan koperasi ini bagaimana masyarakat yang ada di sekelilingnya bisa hidup sehat. Dengan meningkatnya koperasi, maka manfaat dari koperasi mempunyai andil banyak untuk mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. “Saya berharap tentunya dengan semangat yang tinggi, bagaimana koperasi di Kabupaten Probolinggo bisa semakin maju dan maju,” harapnya. (wan)

cww trust seal