Monday, December 6, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Porkab Probolinggo 2021 Dipastikan Digelar 29 Nopember

Porkab Probolinggo 2021 Dipastikan Digelar 29 Nopember

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Setelah sempat tertunda 2 (dua) karena melonjaknya kasus Covid-19 pada bulan Juli 2021 lalu dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo tahun 2021 dipastikan akan digelar pada 29 Nopember hingga 8 Desember 2021 mendatang.

Hal tersebut terungkap saat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan Porkab Probolinggo tahun 2021, Rabu (24/11/2021).

“Sempat ditunda 2 kali, akhirnya Porkab Probolinggo tahun 2021 sudah mendapatkan persetujuan dan rekomendasi untuk dilaksanakan dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur yang ditandatangani oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur pada tanggal 19 Nopember 2021 lalu,” kata Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar.

Menurut Chalid, permohonan rekomendasi kepada Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur ini merupakan saran dan masukan dari Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi berdasarkan hasil rakor KONI Kabupaten Probolinggo bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah, surat rekomendasi dari BPBD Provinsi Jawa Timur sudah kita kirimkan kepada Bapak Kapolres Probolinggo. Yang jelas Porkab 2021 ini akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Semua official, pelatih dan pemain sudah divaksin serta swab antigen sehari sebelum pertandingan,” jelasnya.

Chalid menjelaskan untuk venue pertandingan yang akan dilakukan di 14 cabang olahraga (cabor) tidak ada perubahan. Hanya ada beberapa pergeseran tempat supaya Porkab 2021 ini tidak terlalu lama. “Ada saran dari Bapak Plt Bupati agar venuenya ditambah supaya pertandingan Porkab 2021 tidak terlalu lama karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” terangnya.

Lebih lanjut Chalid menerangkan untuk cabor atletik dan sepakbola dilaksanakan di Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, bulutangkis, sepak takraw dan bola tangan di GOR Wijaya Maron, tenis meja di SMPN 1 Kraksaan, bola basket, hockey dan pencak silat di GOR Sasana Krida Kraksaan. Selanjutnya balap sepeda di venue BMX Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, catur di Pendopo Kecamatan Kraksaan, futsal di Eksekutif Bulu Kraksaan, renang di Kolam Renang Jabung Paiton serta volley ball di SMKN 2 Kraksaan dan GOR Sasana Krida Kraksaan.

“Untuk pembukaan akan kita lakukan sebelum pertandingan awal cabor pencak silat di GOR Sasana Krida Kraksaan pada tanggal 29 Nopember 2021 mulai pukul 09.00 WIB. Pembukaan akan dilaksanakan secara sederhana dengan undangan terbatas dan tanpa penonton,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan protokol kesehatan di venue pertandingan tetap ada ID card dan vaksin. Semua atlet dan official yang terkait harus sudah melaksanakan vaksin 1 dan 2, minimal 1 kali vaksin.

“KONI dan cabang olahraga mempunyai sasaran untuk mencari rekruitmen atlet dari pertandingan. Porkab ini betul-betul kita laksanakan karena banyak cabor itu meskipun atlet binaan kita seleksi yang berasal dari pertandingan atau kompetisi. Jika kompetisinya bagus, maka nanti hasilnya akan lebih baik,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga Porkab Probolinggo tahun 2021 bisa dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kepada semua yang terlibat dalam Porkab Probolinggo tahun 2021, saya titip supaya protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai pelaksanaan Porkab muncul kluster baru. Hindari untuk semua panitia agar selama pertandingan jangan sampai berkerumun,” ungkapnya.

Menurut Sugeng, semangat yang ditunjukkan oleh panitia Porkab Probolinggo tahun 2021 sungguh sangat luar biasa. “Atas nama KONI saya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah peduli terhadap olahraga prestasi di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)