Wednesday, March 3, 2021
Depan > Kesehatan > Pokja II TP. PKK Gelar Penilaian Lapangan Taman Posyandu

Pokja II TP. PKK Gelar Penilaian Lapangan Taman Posyandu

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kelompok Kerja (Pokja) II Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menggelar penilaian lapangan taman posyandu tahun 2019. Penilaian ini dilaksanakan di 5 (lima) posyandu yang berada di Kecamatan Maron, Kraksaan, Banyuanyar, Gending dan Wonomerto. Tim penilai terdiri dari TP PKK, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Dispendik) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo.

Selasa (26/3/2019), penilaian lapangan Taman Posyandu dilaksanakan di Posyandu Melati Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan. Kedatangan tim penilai ini dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Amalia Tutug Edi Utomo.

Kedatangan tim penilai Taman Posyandu ini diterima oleh Camat Kraksaan Muhamad Ridwan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kraksaan Ny. Marde Dartin Ridwan, Kepala Puskesmas Kraksaan Nuryakub, Kepala Desa Asembagus Ali Ibang Fansuri didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Asembagus, Bidan Desa Asembagus serta para pengurus Tim Penggerak PKK Desa Asembagus serta kader posyandu Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan.

Camat Kraksaan Muhamad Ridwan mengharapkan agar kegiatan ini dapat memotivasi bagaimana posyandu bisa lebih maju. Terlebih ada dukungan yang luar biasa dari kepala desa untuk terus meningkatkan pelayanan posyandu kepada masyarakat.

“Semoga dengan kebersamaan bisa memberikan yang terbaik untuk Desa Asembagus. Terima kasih kepada para kader, karena dari 74 posyandu di Kecamatan Kraksaan yang sudah strata mandiri ada 6 posyandu. Salah satunya adalah Desa Asembagus. Semua ini tercipta berkat support dan dukungan dari semua kepala desa dan elemen masyarakat,” katanya.

Menurut Ridwan, pihaknya sangat mendukung semua program yang dicanangkan oleh pemerintah daerah. Urusan menang dan kalah dalam sebuah lomba bukanlah tujuan utama, karena yang paling penting adalah manfaatnya bagi masyarakat. Termasuk keberhasilan posyandu yang ada di Desa Asembagus.

“Harapan kami ini menjadi cambuk bagi lintas sektor untuk bisa ditularkan kepada desa yang lain dan menjadi penyemangat semua pihak yang ada di Kecamatan Kraksaan,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Asembagus Ali Ibang Fansuri mengatakan kegiatan ini bisa menjadi sebuah motivasi dan semangat dalam meningkatkan keprofesionalan semua aparat yang ada di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan. Serta pembenahan diri untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Terima kasih atas kebersamaan dan kekompakan dari semua elemen masyarakat. Kami memang sudah menganggarkan dana melalui dana desa karena memang ingin memaksimalkan semua kegiatan yang ada di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan,” tegasnya.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan terima kasih karena Camat dan Kepala Desa sudah memberikan support yang luar biasa dan siap memajukan posyandu dan taman posyandu.

“Kami sangat bangga atas kerja sama yang baik sehingga apa yang menjadi visi dan misi Kabupaten Probolinggo menjadi lebih baik. Kami datang bukan hanya menilai saja, tetapi juga melakukan evaluasi sehingga nantinya mampu meningkatkan kegiatan posyandu untuk menjadikan anak-anak generasi agar menjadi anak yang cerdas dan berakhlakul karimah,” ujarnya.

Sebenarnya terang Ny. Nunung, generasi muda ini bukan hanya dibimbing hanya pada 1000 Hari Pertama Kehidupan saja, tetapi juga sampai usia remaja. Karena sekarang banyak pernikahan dini yang dapat menjadi penyumbang tingginya AKI, AKB dan stunting. Oleh karenanya perlu ada bimbingan sejak 1000 HPK hingga usia remaja.

“Dengan lomba ini kami berharap akan memberikan manfaat bagi semua masyarakat. Posyandu-posyandu lain bisa dikembangkan dengam baik. Dengan majunya PKK maka desa akan lebih maju dari sebelumnya. Semangat bagi para kader posyandu yang ada di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal