Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Serahkan Santunan Bagi Marbot Masjid hingga Kaum Dhuafa

Plt Bupati Timbul Serahkan Santunan Bagi Marbot Masjid hingga Kaum Dhuafa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo memberikan santunan bagi marbot masjid, santri dhuafa, anak yatim, kaum dhuafa serta beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga kaum dhuafa.

Santunan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Plt. Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo di halaman Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Jum’at (21/10/2021).

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil serta Rektor Unzah Kraksaan Abdul Azis Wahab

Untuk peringatan HSN tahun 2021 ini, Baznas Kabupaten Probolinggo menyiapkan santunan bagi 343 marbot masjid masing-masing mendapatkan Rp 350 ribu, santunan bagi 800 santri kaum dhuafa masing-masing sebesar Rp 250 ribu, santunan 500 anak yatim di lingkungan yayasan/pondok pesantren masing-masing sebesar Rp 200 ribu, beasiswa bagi 18 orang mahasiswa kaum dhuafa melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana serta santunan bagi 100 kaum dhuafa masing-masing sebesar Rp 150 ribu.

Plt. Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengharapkan agar bantuan dan santunan yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. “Selamat dan semoga bisa bermanfaat di peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021,” katanya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil mengungkapkan program bantuan dan santunan ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden RI. Baznas Kabupaten Probolinggo ikut ambil bagian dalam momentum tersebut karena masyarakat Kabupaten Probolinggo itu adalah kaum santri.

“Dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional ini diharapkan bisa memberi peran kepada kaum santri yang mempunyai andil besar di dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Timbul juga menyerahkan penghargaan santri berprestasi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong di tingkat internasional dengan jenis lomba ASEAN Innovation Science Environmental.

Kelima santri berprestasi tersebut diantaranya Fina Diafatus Sa’adah, prodi Tadris Matematika dari Fakultas Tadris Umum memperoleh peringkat Bronze Medal, Ayu Cahyaningtyas, prodi Ekonomi Syari’ah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memperoleh peringkat Bronze Medal dan Chinthia Wardhani, prodiEkonomi Syari’ah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memperoleh peringkat Bronze Medal.

Selanjutnya, Tatbauhar Rodifah, prodi Bahasa Arab dari Fakultas Tarbiyah memperoleh peringkat Bronze Medal dengan 2 jenis lomba sekaligus yaitu ASEAN Innovatife Science Environmental dan World Youth Invention and Innovation serta Ela Kurniawati, prodi Bahasa Arab dari Fakultas Tarbiyah memperoleh peringkat Bronze Medal dengan jenis lomba World Youth Invention and Innovation. (wan)