Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul dan Forkopimda Kunker ke Lokasi Potensi Daerah dan Wisata

Plt Bupati Timbul dan Forkopimda Kunker ke Lokasi Potensi Daerah dan Wisata

Reporter : Mujiono
SUMBER – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan kerja sehari di Kecamatan Sukapura dan Sumber, Kamis (26/5/2022).

Jajaran Forkopimda yang turut serta diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa dan Ketua Pengadilan Negeri Agus Akhyudi serta tokoh masyarakat Tengger Supoyo.

Turut serta mendampingi Plt Bupati Timbul, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sugeng Wiyanto, Kepala Pelaksana BPBD Rachmad Waluyo, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto, Kepala DPUPR Hengki Cahjo Saputra, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman (Perkim) dan Pertanahan R. Oemar Sjarief, Kepala Dishub Taufik Alami serta Kabag Pemerintahan Roby Siswanto.

Kunker ini diawali di peternak madu randu di Desa Boto Kecamatan Lumbang. Dilanjutkan ke Kantor Kecamatan Sukapura. Kemudian dilanjutkan ke Bukit Selfie Desa Sariwani Kecamatan Sukapura. Selanjutnya ke Balai Desa Wonokerso dan P-30 di Kecamatan Sumber.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan di Kecamatan Sukapura memiliki potensi wisata nasional yaitu Gunung Bromo. Dimana obyek wisata Gunung Bromo yang masuk sepuluh destinasi wisata nasional ini sangat diminati oleh seluruh masyarakat. Desa-desa se-Kecamatan Sukapura haruslah berbenah diri dengan ciri khasnya masing-masing.

“Kondisi di Kecamatan Sukapura dikatakan pulih akibat dampak dari pandemi Covid-19. Perekonomian masyarakat di desa-desa juga mulai berjalan dan berjuang untuk ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Forkopimda turut berupaya mendukung dan mengangkat potensi wisata di Kabupaten Probolinggo. Hal terpenting yang harus dipahami oleh masyarakat adalah membangun potensi daerah, khususnya yang ada di Kecamatan Sukapura,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, kesadaran masyarakat yang harus dibangun tentang permasalahan kebersihan (sampah) dilingkungan obyek wisata nasional Gunung Bromo. Wisatawan sangat peka terhadap sampah, jika di lingkungan wisata selalu bersih, tentu berpeluang dan menarik simpati wisatawan yang berkunjung.

“Karena kondisi saat ini sudah dinyatakan pulih, masyarakat khususnya pelaku wisata dapat melayani tamu berwisata di Gunung Bromo dengan baik,” pungkasnya. (y0n)