Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pj Bupati Ugas Tinjau Stand UMKM di Hutan Kota Kraksaan

Pj Bupati Ugas Tinjau Stand UMKM di Hutan Kota Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meninjau beberapa stand UMKM yang ada di Hutan Kota Kraksaan, Sabtu (16/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Ugas, meninjau satu persatu stand UMKM mulai dari ujung timur sampai ke barat. Tidak hanya sekedar meninjau saja, tetapi juga mencicipi beberapa produk makanan dan minuman. Seperti wedang serai dan nasi bakar. Bahkan sempat tidak percaya karena di Hutan Kota Kraksaan ada UMKM yang menyediakan nasi gudeg.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengaku sebetulnya sudah 2 hingga 3 kali datang ke Hutan Kota Kraksaan. Tetapi baru tahu jika UMKM yang ada lengkap sekali mulai dari makanan untuk anak-anak maupun keluarga. Termasuk UMKM yang biasanya dijual di café dan resto, ternyata juga ada di Hutan Kota Kraksaan.

“Suatu contoh seperti minuman wedang serai itu jarang yang jualan. Tetapi disini ada dan harganya murah serta tempatnya nyaman. Kemudian nasi gudeg juga ada disini. Saya heran mengapa ada gudeg, setelah saya tanya ternyata ia orang Desa Bucor Kecamatan Pakuniran. Kebetulan pernah kerja di Solo dan jualan disitu. Berarti untuk rasanya tidak akan jauh berbeda. Termasuk nasi bakar, nasi jagung, es teler dan rujak erok-erok. Semuanya ada dan murah meriah,” katanya.

Untuk tahun 2024 mendatang Pj Bupati Ugas menerangkan bahwa Hutan Kota Kraksaan secara bertahap akan dipercantik dan dibuat terbuka. Karena memang sekarang nuansa hutan kota itu bukan tertutup tetapi terbuka untuk masyarakat, pusat perekonomian, keluarga maupun kegiatan-kegiatan sosial.

“Jadi nanti akan saya bongkar dan kita tata sehingga Hutan Kota Kraksaan ini tetap bersih dan bukan yang permanen. Nanti kita perbaiki sanitasinya sehingga pembuangan airnya agar selalu terjaga,” terangnya.

Menurut Pj Bupati Ugas, banyaknya UMKM di Hutan Kota Kraksaan ini memang sudah sesuai dengan keinginan dari Pemerintah Daerah bagaimana UMKM ini betul-betul bisa memanfaatkan Hutan Kota Kraksaan dengan maksimal.

“Kita ingin Hutan Kota Kraksaan, terutama Stadion Gelora Merdeka Kraksaan ini betul-betul sebagai pusat olahraga, pusat untuk warga, UMKM, pengajian, bakti sosial, perkemahan maupun yang lainnya. Doakan agar proses ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (wan)