Monday, November 30, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Permudah Komunikasi Masyarakat Melalui Layanan Internet via Satelit

Permudah Komunikasi Masyarakat Melalui Layanan Internet via Satelit

Reporter : Sony Wahyu Wirawan
SUMBER – Sebagai upaya menyediakan sarana telekomunikasi untuk wilayah yang belum terjangkau jaringan internet, Telkom Pasuruan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo akan melakukan pemasangan jaringan layanan internet media satelit.

Untuk memperkenalkan layanan internet melalui satelit tersebut, Telkom Pasuruan melakukan kegiatan roadshow demo layanan mangoesky di Kantor Kecamatan Sumber, Kamis (1/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sumber Edy Sunyoto, Manager Telkom Witel Pasuruan Andi Susena serta Account Manager Telkom Probolinggo Nita Andriyati serta masyarakat yang ada di Kecamatan Sumber.

Account Manager Telkom Probolinggo Nita Andriyati mengungkapkan layanan Mangoesky merupakan layanan internet broadband yang disediakan untuk masyarakat pengguna internet melalui media satelit dengan teknologi VSAT IP.

“Mangoesky memberikan solusi kepada consumer retail, residential, cafe, villa, UKM, sekolah dan korporasi di wilayah rural atau sub urban (3T) yang tidak terjangkau layanan kabel ADSL, Fiber maupun akses mobile berkecepatan tinggi,” ungkapnya.

Nita menerangkan pada dasarnya semua lokasi terutama daerah yang belum tersentuh layanan mobile seluler atau fiber optic bisa menggunakan layanan ini, ditempat dengan kontur tersulitpun karena menggunakan teknologi satelit sehingga masyarakat dapat berkomunikasi data dengan lancar.

“Semua masyarakat apabila berlangganan dengan layanan ini bisa berkomunikasi data dengan lancar (menggunakan internet broadband media satelit dengan teknologi VSAT IP). Artinya semua masyarakat Kecamatan Sumber dengan adanya internet broadband melalui satelit di semua desa bisa berkomunikasi dengan lancar,” jelasnya.

Menurut Nita, sistemnya Mangoesky ini adalah seperti layanan Wifi. Jadi semua operator atau perangkat laptop/handphone yang bisa connect akan langsung bisa menggunakan internetnya. “Semua area blank, apabila masih terlihat langit (dengan kontur daerah tersulit sekalipun) maka bisa berlangganan layanan ini (asal ada catuan listrik),” tegasnya.

Untuk bisa menikmati layanan ini masyarakat bisa melakukan pendaftaran langsung menghubungi Account Manager Telkom Probolinggo Nita Andriyati di nomor 081224697142. (n0z)

cww trust seal