Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peringati HUT ke-14 Kota Kraksaan, Pemkab Gelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Peringati HUT ke-14 Kota Kraksaan, Pemkab Gelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar ziarah makam KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Jum’at (5/1/2024) pagi.

Ziarah makam Kiai Ronggo ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto serta sejumlah Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Turut serta pula Forkopimka Kraksaan, Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Abdul Wasik Hannan, Munir, Ketua Takmir Masjid Agung Ar Raudlah Kota Kraksaan KH Sa’dullah Asy’ari, Ketua PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil serta sejumlah alim ulama yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan sejarah singkat perjalanan hidup Kiai Ronggo dan peninggalannya hingga saat ini oleh Ketua Takmir Masjid Agung Ar Raudlah Kota Kraksaan KH Sa’dullah Asy’ari. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yaasin Bersama oleh Habib Anis serta pembacaan tahlil dan doa bersama dipimpin oleh Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Abdul Wasik Hannan.

Setelah doa bersama, dilakukan tabur bunga di atas makam Kiai Ronggo oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Forkopimda, Pj Sekda Heri dan diikuti oleh seluruh undangan lainnya.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan generasi muda atau pemimpin yang baik tidak pernah melupakan sejarah. Kiai Ronggo ini adalah orang yang memulai membabat Kraksaan dan sebagai pendiri Kraksaan.

“Ini adalah sejarah yang harus kita lestarikan. Kita hormati Kiai Ronggo sebagai orang pendiri yang telah berjasa bagaimana Kraksaan hari ini diberikan banyak hal kemajuan-kemajuan,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, Kraksaan tidak bisa dipisahkan dari Kiai Ronggo. Tidak bisa berbicara Kraksaan kalau tidak ada Kiai Ronggo. “Harapannya sebagai generasi muda dan para pemimpin yang hari ini hadir, mari kita mengisi Kraksaan ini dengan pembangunan masyarakatnya. Bagaimana ke depan hasil kerja kerasnya Kiai Ronggo dijadikan Kraksaan luar biasa dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Sementara Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Abdul Wasik Hannan menyampaikan sebagai generasi muda dan generasi penerus yang mewarisi apa yang telah diperjuangkan oleh Kiai Ronggo ini harus betul-betul bisa merawatnya dengan baik.

“Mudah-mudahan semua elemen yang ada di Kabupaten Probolinggo baik ulama, umara dan sebagainya bisa meneruskan apa yang sudah Kiai Ronggo babat dengan sempurna. Mudah-mudahan Kiai Ronggo diterima di sisi Allah SWT. Aamiin,” pungkasnya. (wan)