Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Harlah ke-94 NU, Baznas Gelar Khitanan Massal Gratis

Peringati Harlah ke-94 NU, Baznas Gelar Khitanan Massal Gratis

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2020, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Kraksaan dan PGRI Kabupaten Probolinggo menggelar khitanan massal gratis di aula SDN Krucil 2 Kecamatan Krucil, Sabtu (7/3/2020).

Khitanan massal gratis ini diikuti oleh 50 anak yang berada di wilayah Kecamatan Krucil. Paramedis yang bertugas berasal dari Pengurus Cabang LKNU Kota Kraksaan dan Puskesmas Krucil. Puluhan peserta khitan inipun juga mendapatkan sarung, bingkisan berupa makanan dan minuman bergizi serta sarung.

Saat dikhitan, beragam ekspresipun ditunjukkan oleh anak-anak tersebut. Ada yang berteriak-teriak menahan sakit, ada pula yang hanya meringis menahan sakit dan ada pula yang terlihat memegang orang tuanya dengan kuat agar tidak merasakan sakit.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil mengatakan khitanan massal gratis ini merupakan salah satu program dari Baznas sesuai ketentuan kegiatan anggaran tahunan 2020.

“Selain itu, sinergitas dengan profesi lembaga pendidikan yang tergabung dalam wadah PGRI Kecamatan Krucil serta lembaga sosial yang berprofesi kesehatan yang tergabung dalam lembaga kesehatan NU,” katanya.

Menurut Muzammil, khitanan massal gratis ini diperuntukkan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga dhuafa fakir yang ada di wilayah Kecamatan Krucil. Hal ini dikarenakan khitanan massal ini dimaksudkan untuk membantu dan memfasilitasi orang tua yang berkeinginan mengkhitankan anaknya tetapi terkendala ekonomi.

“Selain bisa berbagi kebahagiaan pada wali khitan yang mayoritas kondisi ekonominya kurang mampu, khitanan massal gratis ini diharapkan dapat memberikan ketauladan kepada anak didik untuk bab kesucian dan melatih dari dini pentingnya sehat,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Baznas juga menyerahkan bantuan sembako kepada 100 orang kaum dhuafa di Desa Krucil Kecamatan Krucil. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Prasi Kecamatan Gading. Sama halnya di Kecamatan Krucil, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang dan 100 orang kaum dhuafa penerima sembako. (wan)