Wednesday, December 1, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Hari Rabies Sedunia, DPKH Gelar Vaksinasi Gratis untuk Anjing dan Kucing

Peringati Hari Rabies Sedunia, DPKH Gelar Vaksinasi Gratis untuk Anjing dan Kucing

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia (World Rabies Day) tahun 2021, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan vaksinasi gratis untuk anjing dan kucing di Desa Sukapura Kecamatan Sukapura, Rabu (15/9/2021).

Selain itu juga membagikan bahan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat melalui pemberian leaflet dan pemeriksaan kesehatan hewan serta pengobatan hewan secara gratis.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala DPKH Kabupaten Proboliggo Yahyadi ini dihadiri oleh 12 orang medik dan paramedik se-Kabuaten Probolinggo. Peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini mengambil tema “Facts, not Fear (Biarkan Fakta Bicara hingga Takut pun Sirna)”.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang (UU) Nomor 18 tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan juncto UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Peraturan Pemerintah nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Proboliggo Yahyadi mengatakan kegiatan vaksinasi gratis untuk anjing dan kucing ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai penyakit zoonosa (rabies) kepada masyarakat.

“Disamping itu kegiatan vaksinasi gratis ini meningkatkan pemahaman masyarakat tentang rabies sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak dan ancaman rabies bagi masyarakat,” katanya.

“Kami berharap kegiatan semacam ini bisa disambut dengan baik oleh masyarakat, dapat dilaksanakan setiap tahun dan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya vaksinasi rabies,” harapnya. (wan)