Sunday, June 20, 2021
Depan > Pendidikan > Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwarcab Pramuka Gelar Upacara Malam Ulang Janji

Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwarcab Pramuka Gelar Upacara Malam Ulang Janji

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-59, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar upacara malam ulang janji di Gedung Pramuka Satria Guna Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Kamis (13/8/2020) malam.

Kegiatan yang diikuti oleh jajaran pengurus Kwarcab dan Kwarran Gerakan Pramuka di Kabupaten Probolinggo ini dipimpin oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wakil Bupati Probolinggo Kak Drs. H.A. Timbul Prihanjoko.

Malam ulang janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Inti acara ini adalah perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji Satya Pramuka.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pelantikan pengurus Pusdiklatcab Satria Guna Kwarcab Probolinggo periode 2019-2024 dan penyerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka untuk Orang Dewasa.

Penghargaan Lencana Pancawarsa diberikan kepada Kak Didik SW (VII) Waka Kwarcab, Kak Mohtar Effendi (IX) Kapusdiklatcab, Kak Didik Mashudi P (IV) Andalan Cabang, Kak Diah Linda (I) Ketua Kwarran Pajarakan dan Kak Achmad Sakir (III) Pembina Gudep

Malam ulang janji ini diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko. Kemudian dilanjutkan dengan gowes bersama untuk memeriahkan Hari Pramuka ke-59 dengan router Pulang Pergi (PP) dari Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo menuju Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo diikuti oleh 21 pasukan bersepeda.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan upacara ulang janji ini merupakan wujud untuk memperbarui semangat yang lebih lagi untuk kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan ulang janji dan setangan merah putih ini sebagai saksi kita adalah penerus dan bukti sejarah akan gerakan pramuka pada malam ini dalam rangka Hari Pramuka ke-59 tahun 2020,” katanya.

Kak Timbul menyampaikan ucapan selamat bagi kakak yang telah dianugerahkan tanda penghargaan Pramuka berupa Tanda Lencana Pancawarsa pengabdian selama 5 tahun berturut-turut

“Selamat kepada pengurus Pusdiklatcab Satria Guna yang telah dikukuhkan. Semoga kedepannya dapat meningkatkan pelatihan dan pembinaan untuk kaum muda dan pembina di lingkungan Kwarcab Gerakan Probolinggo,” harapnya. (wan)

cww trust seal