Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Hari Jadi ke-13 Kota Kraksaan, Pemkab Gelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Peringati Hari Jadi ke-13 Kota Kraksaan, Pemkab Gelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-13 Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar ziarah makam KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Kamis (5/1/2023) pagi.

Ziarah makam Kiai Ronggo ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, perwakilan Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari serta sejumlah Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Turut serta pula Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Abdul Wasik Hannan, Munir, Takmir Masjid Agung Ar Raudlah Kota Kraksaan KH Sa’dullah Asy’ari serta sejumlah alim ulama yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Surat Yaasin bersama. Dilanjutkan dengan pembacan tahli bersama dipimpin oleh Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Abdul Wasik Hannan. Serta pembacaan sejarah singkat perjalanan hidup Kiai Ronggo dan doa bersama oleh Takmir Masjid Agung Ar Raudlah Kota Kraksaan KH Sa’dullah Asy’ari.

Setelah doa bersama, dilakukan tabur bunga di atas makam Kiai Ronggo oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, Forkopimda, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan diikuti oleh seluruh undangan lainnya.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan tabur bunga dan ziarah makam Kiai Ronggo ini bertujuan untuk merefleksikan diri untuk mengingat bagaimana Kiai Ronggo membuka daerah Kraksaan sehingga sekarang bisa menjadi besar dan menjadi ibukota Kabupaten Probolinggo.

“Harapan ke depan bagaimana nanti bersama-sama membangun Kabupaten Probolinggo. Sebab memang dulu tekadnya dari Kota Probolinggo membuka sendiri ibukota Kabupaten Probolinggo di Kota Kraksaan ini dalam rangka untuk bagaimana Kabupaten Probolinggo betul-betul bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, masyarakat Kota Kraksaan sendiri harus bangga dan termotivasi bagaimana mengembangkan Kota Kraksaan betul-betul menjadi ibukota Kabupaten Probolinggo. Itu yang harus menjadi motivasi orang-orang Kota Kraksaan sehingga betul-betul menjadikan dirinya sebagai orang Kota Kraksaan yang menjadi ibuota Kabupaten Probolinggo.

“Pondasi sudah ditanamkan oleh Kiai Ronggo, tinggal kita sebagai generasi muda melanjutkan perjuangannya. Kita harus bertekad bersama-sama untuk nantinya bisa menjadikan Kota Kraksaan sejajar dengan daerah lain. Kalau bisa harus lebih baik dan lebih bagus dari kota yang lain,” pungkasnya. (wan)