Monday, May 10, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Hari Ibu, PKK Sumber Gelar Lomba Ratu Luwes

Peringati Hari Ibu, PKK Sumber Gelar Lomba Ratu Luwes

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBER – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumber menggelar lomba ratu luwes, Kamis (19/12/2019). Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan pamit sambut Camat dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sumber.

Lomba ratu luwes dan pisah sambut Camat dan Sekcam Sumber ini dihadiri oleh Camat Sumber Rochim didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumber Hj. Maini Rochim dan Forkopimka Sumber serta Camat Kuripan Saniwar dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kuripan Hj. Ismawati Saniwar.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta terdiri dari perwakilan masing-masing Tim Penggerak PKK Desa dari 9 desa di Kecamatan Sumber, Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Sumber, Puskesmas Sumber, IGTKI Kecamatan Sumber, Himpaudi Kecamatan Sumber, SMPN 1 Sumber dan SMKN 1 Sumber.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumber Hj. Maini Rochim mengungkapkan lomba ratu luwes ini bertujuan sebagai perwujudan apresiasi terhadap kaum ibu, terutama terhadap tugas ibu semakin berat di masa kini dengan adanya era digital. “Ibu harus mampu mempertahankan jati dirinya, yaitu sebagai pendamping suami, sebagai pendidik anak, sebagai pendorong serta penggerak kesejahteraan keluarga,” ungkapnya.

Menurut Maini, seorang ibu sebagai wanita karier tetaplah seorang wanita yang harus mampu menyelaraskan antara kewajiban dan haknya. Jadi, dengan adanya jaman now yang serba instan, seorang ibu harus menjadi filter utama dalam menghadapi era kekinian.

“Harapannya meskipun jaman sudah berubah, sosok ibu harus tetaplah luwes dalam berinteraksi di masyarakat. Luwes dalam berbusana, luwes dalam berbahasa dan luwes dalam berkarya. Jadilah seorang ibu yang bersahaja dan mandiri, sehingga mampu menjadi panutan bagi anak-anaknya,” harapnya.

Dalam lomba ratu luwes tersebut, diambil 6 (enam) kejuaraan, yaitu juara 1-3 dan juara harapan 1-3. Semua mendapatkan tropi dan yang belum berkesempatan mendapatkan juara akan mendapatkan hadiah berupa souvenir alat rumah tangga.

Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri, juara 1 diraih oleh Aulia N.Z dari SMKN 1 Sumber, juara 2 diraih oleh Aristin Nurjanah dari Desa Tukul dan juara 3 diraih oleh Susi Rahayu dari Desa Cepoko. Selanjutnya, juara harapan 1 diraih oleh Sriani D.A dari Desa Ledokombo, juara harapan 2 diraih oleh Widiningati dari Puskesmas Sumber dan juara harapan 3 diraih oleh Dewi Ria M dari IGTKI Kecamatan Sumber. (wan)

cww trust seal