Thursday, June 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Hari Ibu, Muslimat NU Berikan Pelatihan Pembuatan Aneka Roti

Peringati Hari Ibu, Muslimat NU Berikan Pelatihan Pembuatan Aneka Roti

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2020, Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia memberikan pelatihan pembuatan aneka roti, Rabu hingga Jum’at (16-18/12/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor PCNU Kabupaten Probolinggo di Desa Warujinggo Kecamatan Leces ini merupakan pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja mandiri tahun 2020.

Pelatihan pembuatan aneka roti yang diikuti oleh 20 orang pengurus Muslimat NU yang merupakan utusan per kecamatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo Akhmad dan Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj. Nurayati.

Sebagai narasumber berasal dari Disnaker Kabupaten Probolinggo dengan produk-produk aneka roti yang banyak diminati dan biasanya sering disuguhkan masyarakat dalam setiap kegiatan pernikahan, pengajian dan lain sebagainya.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj. Nurayati mengungkapkan roti ini sangat identik dengan suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Sementara Muslimat NU sendiri selalu identik dengan kegiatan pengajian.

“Nantinya dari produk yang dihasilkan ini kami menginginkan agar semua kegiatan yang dilakukan oleh Muslimat NU itu untuk hidangannya bisa diambilkan dari produknya sendiri. Sehingga sudah tidak lagi membeli produk dari orang lain. Ke depannya kami akan optimalkan dari produk sendiri dengan motto Dari Muslimat untuk Muslimat,” ungkapnya.

Menurut Nurayati, pelatihan pembuatan aneka roti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dari para pengurus dan anggota Muslimat NU dalam pembuatan aneka roti. Karena di masa pandemi Covid-19 ini, para pengurus dan Muslimat NU harus mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

“Disamping untuk melatih para pengurus dan anggota Muslimat NU agar memiliki jiwa wirausaha baru sebagai tenaga kerja mandiri melalui produk-produk yang dihasilkan dan mampu memasarkannya dengan baik. Dengan demikian akan mampu mengembangkan perekonomian Muslimat NU Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Melalui pelatihan pembuatan aneka roti ini Nurayati mengharapkan para pengurus dan anggota Muslimat NU memiliki ketrampilan yang lebih maksimal sehingga nantinya bukan hanya dibeli oleh Muslimat NU saja tetapi semua elemen masyarakat bisa memesan dan menikmati hasil yang sudah dibuat oleh Muslimat NU Kabupaten Probolinggo.

“Sebagai upaya pengembangan produksi, tentunya dibutuhkan sebuah distribusi yang baik agar produknya bisa sampai ke masyarakat. Oleh karena itu kami akan memaksimalkan bagaimana distribusi ini berjalan dengan baik sehingga produk yang dihasilkan bisa diminati dan digemari oleh masyarakat,” tegasnya.

Tidak hanya itu tambah Nurayati, sebuah produk akan mampu dilakukan secara berkelanjutan apabila sistem manajemen dan pemasarannya sudah tertata dan berjalan dengan baik.

“Untuk manajemennya, kami masih ingin belajar bagaimana dalam sistem pemasaran sehingga nantinya Muslimat NU bukan hanya identik dengan kegiatan pengajian saja tetapi juga bisa meningkatkan perekonomiannya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo Akhmad menyambut baik apa yang sudah dilakukan oleh Muslimat NU Kabupaten Probolinggo.

“Pelatihan pembuatan aneka roti yang dilakukan Muslimat NU Kabupaten Probolinggo di masa pandemi Covid-19 ini merupakan upaya untuk melatih para pengurus dan anggota Muslimat NU untuk menambah ilmu tentang pembuatan roti dan membantu penghasilan keluarga,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing peserta mendapatkan bantuan sarana dan prasarana pembuatan aneka roti mulai dari kompor gas lengkap, loyang, oven dan mixer. (wan)

cww trust seal