Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kesehatan > Penyintas Covid-19 Masih Sangat Bisa Terinfeksi Kembali

Penyintas Covid-19 Masih Sangat Bisa Terinfeksi Kembali

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Orang yang pernah terinfeksi Covid-19 masih sangat bisa terinfeksi kembali, tergantung bagaimana imun tubuhnya, jumlah dan virulensi virusnya serta lingkungan yang mendukung terjadinya infeksi kembali tersebut.

“Setelah sembuh, antibodi dan sel memori kadarnya menurun setelah 60 hari dan dapat bertahan 6-8 bulan (Long and Zhao,2020). Semakin banyak orang yang tertular, semakin panjang rantai mutasi virus tersebut, sehingga mengganggu respon pengenalan antibodi yang bersifat spesifik,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, setelah sembuh penyintas harus tetap menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) untuk menutup jalan masuk virus dan meminimalkan jumlah virus yang masuk ke tubuh.

“Orang yang sudah sembuh dari Covid-19 tetap masih dapat terinfeksi kembali (reinfeksi) dan bila reinfeksi orang tersebut dapat menularkan juga ke orang yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Oleh karena itu jelas Dewi, penyintas tetap harus menjaga imunitas tubuhnya dengan cara makan makanan bergizi, cukup tidur 7-9 jam/hari, olahraga teratur, manajemen stress yang baik, hindari rokok dan alcohol serta vaksinasi (bila ada kesempatan).

“Penyintas tetap perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19 karena antibodinya hanya bertahan sampai beberapa bulan (6-8 bulan menurut penelitian Dan, 2020), masih berisiko terinfeksi ulang jika banyak paparan virus di luar,” terangnya.

Di Kabupaten Probolinggo tambah Dewi, untuk penyintas masih belum bisa mendapatkan vaksinasi karena belum menjadi prioritas yang disebabkan jumlah vaksin yang ada juga masih terbatas.

“Tetapi seiring dengan berkembangnya penelitian-penelitian dan semakin baiknya pelayanan vaksinasi Covid-19, nantinya para penyintas akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Tetap patuhi protokol kesehatan, Insya Allah selamat dari infeksi Covid-19,” pungkasnya. (wan)