Thursday, June 17, 2021
Depan > Pemerintahan > Pencanangan Bulan Panutan PBB dan Gerakan Pensertifikatan 1000 Tanah Aset Pemda

Pencanangan Bulan Panutan PBB dan Gerakan Pensertifikatan 1000 Tanah Aset Pemda

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Keuangan Daerah melakukan pencanangan Bulan Panutan PBB dan Gerakan Pensertifikatan 1000 Tanah Aset Pemerintah Daerah, Jum’at (26/2/2021) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo dan Kepala Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Kabupaten Probolinggo Budi Doyo.

Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminuridho dan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina

Pencanangan Bulan Panutan PBB dan Gerakan Pensertifikatan 1000 Tanah Aset Pemerintah Daerah ini sengaja dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan pada situasi pandemi Covid-19. Para pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo secara virtual menyaksikan jalannya acara tersebut hingga selesai.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama Gerakan Pensertifikatan 1000 tanah aset Pemerintah Daerah tahun 2021 oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Probolinggo Budi Doyo dan Kepala Badan Keuangan Daerah Dewi Korina.

Penandatanganan komitmen bersama tersebut juga dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Pendidikan Fathur Rozi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rachmad Waluyo, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prijono dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Taufik Alami.

Bupati Tantri didampingi Wabup Timbul juga menyerahkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada kecamatan yang telah lunas PBB tahun 2020 sebelum jatuh tempo kepada 5 (lima) Kecamatan di lingkungan Pemkab Probolinggo serta piagam penghargaan dari Pemkab Probolinggo dan cinderamata dari Bank Jatim Cabang Kraksaan sebagai wujud apresiasi untuk lima kecamatan tersebut. Yakni, Kecamatan Wonomerto, Kuripan, Bantaran, Tegalsiwalan dan Sumber.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan agar supaya pencanangan Bulan Panutan PBB secara elektronik dan gerakan pensertifikatan 1000 tanah aset Pemda benar-benar menjadi penyemangat bagi semuanya. Dengan itu, Kepala Badan Keuangan Daerah melakukan penyempurnaan melalui Aplikasi E-PIPAD dengan memberi kekuatan regulasi, sosialisasikan sampai di tingkat desa/kelurahan.

“Bangun jejaring kemitraan dengan pihak Bank, Non Bank, Pemerintah Desa, BUMDes dan organisasi sosial kemasyarakatan di desa. Dengan demikian jangkauannya lebih luas sampai ke pelosok desa. Dengan kesuksesan Bulan Panutan PBB ini menjadi pioner serta menjadi teladan bagi masyarakat dengan membayar PBB dikesempatan pertama sebelum jatuh tempo,” katanya.

Sementara Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan 509.704 SPPT PBB-P2 yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

“Pendistribusiannya dilakukan sebulan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Harapannya, masyarakat lebih cepat membayar pajak. Dari 509.704 SPPT PBB-P2 itu, total nilainya mencapai Rp 10.907.763.760,” ungkapnya. (y0n)

cww trust seal