Sunday, June 13, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Terima Piagam dan Plakat Capaian Predikat Opini WTP LKPD 2019

Pemkab Terima Piagam dan Plakat Capaian Predikat Opini WTP LKPD 2019

Reporter : Mujiono
SURABAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019, Senin (19/10/2020) di Convention Hall Lantai 3 Grand City Surabaya, Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diterima oleh Pemkab Probolinggo bersama dengan 36 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Penghargaan berupa plakat diberikan sebagai tanda penghargaan lima kali atau lebih secara berturut-turut meraih capain opini WTP.

Piagam dan plakat capaian opini WTP LKPD tahun 2019 tersebut diterima oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko dari Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengatakan piagam dan plakat penghargaan ini menunjukkan sebuah prestasi yang menandakan pengelolaan keuangan di Jawa Timur sudah sesuai dengan prinsip kehati-hatian, akuntabilitas dan transparansi yang baik. Tentunya menjadi modal kuat bagi para pengelolaan keuangan di tengah pandemi COVID-19.

“Untuk dua daerah yang belum mendapat WTP, mari kita dorong bersama-sama agar akuntabilitas penggunaan anggaran ke depannya bisa dilakukan dengan baik sesuai prinsip kehati-hatian, akuntabilitas dan transparansi yang baik,” kata Khofifah.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan, penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh oleh Pemkab Probolinggo ini merupakan prestasi ke tujuh kalinya secara berturut-turut yang berhasil dipertahankan. Hal ini sebagai bentuk kerja keras seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dalam mengelola keuangan dengan baik.

“Kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan sesuai standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Terima kasih kepada seluruh OPD dan jajaran instansi lainnya yang telah mengelola keuangan dengan baik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berkomitmen dalam melakukan tata kelola keuangan yang baik,” katanya. (y0n)

cww trust seal