Wednesday, August 4, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Sosialisasikan Lomba Inovasi Daerah Tahun 2021

Pemkab Sosialisasikan Lomba Inovasi Daerah Tahun 2021

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) bersama dengan Jawa Pos Radar Bromo memberikan sosialisasi Lomba Inovasi Daerah Tahun 2021 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (24/2/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Santiyono ini dihadiri narasumber Abdul Haris, selaku Rektor Universitas Panca Marga Probolinggo dan Sugiono dari Universitas Nurul Jadid.

Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah 2021 ini diikuti oleh 33 puskesmas, 24 Petugas Penyuluh Lapangan, 8 Universitas di Kabupaten Probolinggo, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo, Kelompok Kerja Madrasah MAN/MAS, Koordinator Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Probolinggo.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan 24 Kecamatan di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan Pemerintah Daerah dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang inovatif. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing daerah yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi pelayanan publik merupakan terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan ide kreatif yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.

Menurut Santiyono, Bupati Probolinggo mengapresiasi diselenggarakannya Lomba Inovasi Daerah. Sebab Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu kabupaten yang sangat inovatif pada tahun 2020. “Harapannya Kabupaten Probolinggo dapat masuk 10 besar ditingkat nasional,” harapnya.

Santiyono menerangkan Lomba Inovasi Daerah ini dilakukan untuk memfasilitasi, memacu dan memudahkan budaya inovasi. Kegiatan ini diharapkan mampu mendapatkan model inovasi serta mendorong rencana kegiatan pengembangan/kajian di bidang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, bidang energi dan lingkungan hidup, bidang pendidikan dan TIK serta bidang agribisnis.

“Lomba sudah siap dilaksanakan. Setelah sebelumnya sempat terhenti dan akhirnya ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Ada yang berbeda dengan Lomba Inovasi Daerah yang memasuki tahun ke-5. Kali ini Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik serta bidang Pendidikan turut dilombakan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal