Monday, January 25, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Program KRPL

Pemkab Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Program KRPL

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) serta Dinas Perikanan (Diskan) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan sarana prasarana program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun 2020.

Tahun ini, bantuan sarana prasarana program KRPL ini diberikan kepada 8 (delapan) ketua kelompok tani (Kapoktan) di Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Banjarsawah Kecamatan Tegalsiwalan, Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, Desa Mojolegi Kecamatan Gading, Desa Opo-opo Kecamatan Krejengan, Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar, Desa Selogudig Kulon Kecamatan Pajarakan dan Desa Bulu Kecamatan Kraksaan.

Untuk program KRPL ini, masing-masing Kapoktan menerima bantuan sarana prasarana dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) serta Dinas Perikanan.

Bantuan sarana dan prasarana program KRPL tersebut diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko kepada masing-masing ketua kelompok tani didampingi pejabat dari DKPP, DPKH dan Diskan Kabupaten Probolinggo.

Bantuan dari DKPP diantaranya benih cabe besar gada dan pilar, brokoli Bima 45F1, benih terong Milano, benih sawi kumala, benih kangkung bamboo leaf, benih bayam mahestro, benih seledri amigo, benih gambas prima F1, benih timun harmony dan benih kacang panjang Katrina masing-masing 7 pack. Selanjutnya, 3 sak pupuk organic padat, 60 kg pupuk NPK, 25 buah pott tray dan 600 buah polybag/kantong plastik ukuran 20×23.

Selanjutnya bantuan dari DPKH meliputi 50 ekor ayam buras, 100 kg konsentrat ayam, 80 kg katul separator, 95 kg dedak jagung giling, 24 kg kapur gamping dan 10 sachet vitastres. Sedangkan untuk Dinas Perikanan berupa benih lele dan ember untuk Aqua ponik

Program KRPL ini bertujuan dalam rangka pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19. Yaitu, untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan asupan gizi masyarakat, dimana selebihnya untuk menambah pendapatan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan KRPL merupakan sebuah program untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat dampak Covid-19. “Diharapkan 8 poktan ini menjadi contoh untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Selain dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga,” katanya.

Dengan bantuan ini, istri Wakil Bupati Probolinggo ini mengharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban. Biasanya beli sayuran, setelah ada bantuan ini diharapkan tidak beli lagi dan selebihnya bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga. “Begitu juga dengan bantuan ternak ayam, harapannya setelah bertelur bisa dikonsumsi sebgai sumber protein hewani dan selebihnya juga bisa dijual,” pungkasnya.

Selain bersinergi dengan 3 OPD (Organisasi Perangkat Daerah), juga ada bantuan sarana prasarana program KRPL yang dilakukan oleh DKPP bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo yang diserahkan bagi 6 desa khusus lokus stunting.

Yakni, Desa Alaspandan dan Desa Bucor Wetan Kecamatan Pakuniran, Desa Betek Taman Kecamatan Gading, Desa Kedungcaluk Kecamatan Krejengan, Desa Mranggon Lawang Kecamatan Dringu dan Desa Sukodadi Kecamatan Paiton. (hed)

cww trust seal