Depan > Pemerintahan > Pemkab Raih Penghargaan SAKIP dan RB Kategori B

Pemkab Raih Penghargaan SAKIP dan RB Kategori B

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 Kategori B dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021 Kategori B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam SAKIP dan RB Award 2021 yang dilakukan secara virtual. Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengikuti kegiatan ini di Guest House Kraksaan, Selasa (5/4/2022).

Turut mendampingi Plt Bupati Timbul, Asisten Administrasi Umum Nanang Trijoko Suhartono, Kabag Organisasi Anna Maria DS serta perwakilan dari Inspektorat dan Bappeda Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris Kementerian PAN-RB RI Rini Widyantini mengungkapkan implementasi SAKIP pada instansi pemerintah juga merupakan bagian dari transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. “Untuk itu seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil,” ungkapnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengaku sangat bersyukur dan memberikan apresiasi atas nilai SAKIP Pemkab Probolinggo. Harapannya agar prestasi ini bisa lebih ditingkatkan lagi pada evaluasi SAKIP dan RB berikutnya. “Harapan saya bagaimana kita terus meningkatkan nilai itu. Beberapa hal yang masih kurang segera kita koreksi. Memang kuncinya itu ada pada komitmen,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul menegaskan untuk dapat meraih evaluasi SAKIP dan RB yang maksimal itu kuncinya adalah efisiensi di bidang anggaran dan efisiensi penganggaran. “Ini yang harus segera kita lakukan dengan menata kembali hal-hal yang demikian, termasuk orang-orang yang mampu dibidang perencanaan dan sebagainya. Kalau masalah diklat sudah dilakukan, tinggal tataran implementasinya yang masih belum dilakukan secara maksimal,” tegasnya.

Terpisah Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS menyampaikan strategi untuk meningkatkan nilai SAKIP dan RB sebenarnya fokus di tema pembangunan dan dilakukan bersama-sama. Pemerinah Daerah lain sukses karena satu program dilakukan oleh perangkat daerah secara bersama-sama dan mengurangi ego sektoral.

“Sekarang yang dinilai itu keterpaduan. Mulai dari keterpaduan kegiatan dan keterpaduan program. Memang penilaiannya sudah berbeda dengan tahun sebelmnya. Dari B kemudian 4 tahun naik ke BB dan sekarang turun ke B. Semoga tetap semangat dan komitmen bahwa sekarang bekerja dengan kinerja yang lebih baik dan hasil outcome yang lebih luas untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)