Monday, July 26, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Kategori Memuaskan

Pemkab Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Kategori Memuaskan

Reporter : Syamsul Akbar
SURAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meraih penghargaan pengawasan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan nilai 82,82 kategori A atau memuaskan.

Penghargaan pengawasan kearsipan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020).

Secara nasional, penghargaan pengawasan kearsipan ini diberikan kepada 45 lembaga mulai tingkat kementerian, badan, provinsi hingga kabupaten/kota. Kabupaten Probolinggo sendiri berada pada urutan 35 se-Indonesia. Di Jawa Timur, penghargaan diberikan kepada 3 (tiga) kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Probolinggo kategori memuaskan, Kota Surabaya kategori memuaskan dan Kota Pasuruan kategori memuaskan.

Penghargaan pengawasan kearsipan ini dibagi dalam 3 (tiga) kategori meliputi kategori sangat memuaskan dengan nilai AA (90-100), kategori memuaskan dengan nilai A (80-90) dan kategori sangat baik dengan nilai B (70-80).

Menteri PAN dan RB RI Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa e-government dibutuhkan untuk penguatan sistem dan jaringan informasi kearsipan. “Area perubahan tata laksana untuk manajemen kearsipan dan birokrasi serta open government dibangun untuk mendukung sistem kearsipan yang terbuka dan partisipatif. Sehingga implementasi e-government merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti mengatakan penghargaan yang diraih oleh Pemkab Probolinggo di bidang kearsipan merupakan hasil pengawasan kearsipan eksternal.

“Alhamdulillah, tentunya kami sangat bersyukur karena Kabupaten Probolinggo mendapatkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Terlebih di Jawa Timur hanya 3 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan dengan kategori memuaskan,” katanya.

Atas penghargaan pengawasan kearsipan ini Endang akan semakin meningkatkan kinerja kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan kearsipan dan meningkatkan inovasi pelayanan publik meliputi pemeliharaan arsip, GOSIP (Gerakan Olah Sadar Arsip), memiliki simpul jaringan nasional tentang arsip statis serta melengkapi sarana prasarana sesuai ketentuan. “Tentunya kami akan semakin meningkatkan inovasi dan kreatifitas pelayanan publik bidang kearsipan,” jelasnya.

Dengan penghargaan pengawasan kearsipan ini Endang memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran bidang kearsipan. Sebab selama ini tim bidang kearsipan sudah bekerja secara maksimal dan bekerja keras untuk mewujudkan prestasi tersebut.

“Untuk itu kami mengimbau kerja sama dari Lembaga Kearsipan Daerah dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Pemkab Probolinggo untuk bersama-sama membangun dan menciptakan arsip sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal