Thursday, September 23, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Raih Penghargaan Bidang Ketahanan Pangan

Pemkab Raih Penghargaan Bidang Ketahanan Pangan

Reporter : Syamsul Akbar
SURABAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berhasil meraih penghargaan bidang ketahanan pangan tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa dalam puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di JX International Convention Exhibition, Surabaya, Selasa (19/11/2019).

Tema peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-39 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 adalah “Melalui Inovasi Teknologi Pertanian dan Pangan, Kita Wujudkan Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera”.

Penghargaan bidang ketahanan pangan yang diraih oleh Pemkab Probolinggo tersebut diantaranya, juara 2 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi atas nama Marditoto Basuki dari BPP Paiton, juara 2 Penyuluh PNS Berprestasi atas nama Dilla Hermanto dari PPL Kecamatan Krejengan dan juara 3 Kelompok Tani Berprestasi atas nama Budi Hartono dari Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan.

Turut mendampingi dalam penerimaan penghargaan bidang ketahanan pangan tersebut adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kabupaten Probolinggo Syafi’i.

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan peringatan HPS ke-39 tahun 2019 digelar dengan harapan agar inovasi dari setiap daerah di Jawa Timur dapat mensejahterakan petani.

“Inovasi teknologi yang ada diharapkan dapat memudahkan para petani dalam bekerja. Serta dapat mendukung ketahanan pangan di Jawa Timur. Kita harapkan ke depan nanti bukan lagi ketahanan pangan, tetapi sudah kedaulatan pangan,” katanya.

Sementara Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengaku sangat bangsa dan bersyukur serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diraihnya penghargaan bidang ketahanan pangan bagi Kabupaten Probolinggo. Hal ini mengukuhkan bahwa pertanian di Kabupaten Probolinggo sangatlah potensial hingga surplus untuk mencukupi kebutuhan pangan di daerah lain.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung ketahanan pangan dan pertanian di Kabupaten Probolinggo, terutama peran serta para petani, PPL dan Koordinator BPP yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Nanang mengharapkan agar semua inovasi dan terobosan yang sudah dilakukan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Probolinggo. “Semoga di tahun 2020 Kabupaten Probolinggo bisa meraih hasil yang lebih maksimal dalam peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) pada tahun 2020 mendatang,” harapnya. (wan)