Tuesday, May 21, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Probolinggo Ramaikan Jatim Kominfo Festival 2022

Pemkab Probolinggo Ramaikan Jatim Kominfo Festival 2022

Reporter : Syamsul Akbar
BATU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) meramaikan Jatim Kominfo Festival (JKF) tahun 2022 di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Senin hingga Kamis (25-28/7/2022).

JKF 2022 yang mengangkat tema “Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital” ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, Senin (25/7/2022).

Kegiatan ini menyajikan beragam kegiatan dari Forum Infrastruktur TIK, Workshop Literasi Digital, Forum Walidata, Pameran Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura), Sosialisasi Pembinaan KIM Secara Global, Rakor SP4N Lapor, Workshop Kehumasan dan Workshop Relawan TIK.

Dalam keikutsertaan di JKF 2022 ini, Diskominfo Kabupaten Probolinggo menampilkan produk-produk teknologi sebagai upaya untuk mempromosikan semua potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan kegiatan JKF tahun 2022 ini merupakan sebuah wadah untuk mengenalkan potensi UMKM, wisata dan layanan TIK di Kabupaten Probolinggo.

“Jatim Kominfo Festival tahun 2022 ini sangat bagus sekali sebagai media promosi dan untuk sarana sharing pengembangan TIK dalam memperkuat SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik),” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Hudiyono mengungkapkan JKF 2022 ini dimaksudkan untuk mempublikasikan inovasi di bidang pengelolaan komunikasi publik, pemerataan infrastruktur teknologi informasi dan pengelolaan data statistic.

“Tujuannya mengedukasi masyarakat dengan informasi yang bermanfaat, murah dan mudah diakses, menciptaakan pegiat media sosial yang dapat mendiseminasi informasi positif melalui konten positif, menciptakan mitra pemerintah yang dapat menyebarluaskan informasi kinerja pemerintah serta mengungkit ekonomi lokal dan menggerakkan roda perekonomian daerah,” ujarnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengharapkan agar JKF 2022 ini mampu menjadi bagian pendorong transformasi digital. “Selain itu bisa meningkatkan produktivitas, efektivitas dan transparansi dari seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan,” ungkapnya.

Khofifah mengharapkan untuk ke depan seiring dengan berjalannya transformasi digital di wilayah Jawa Timur, masyarakat bisa mengakses layanan dengan lebih mudah, murah dan cepat. “Serta menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan kepada pemerintah,” pungkasnya. (wan)