Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Kirimkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Pemkab Kirimkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk meringankan penderitaan masyarakat akibat meletusnya Gunung Semeru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengirimkan bantuan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Bantuan sosial peduli bencana Kabupaten Probolinggo untuk tahap pertama ini diberangkatkan oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi OPD terkait dan relawan peduli bencana, Minggu (5/12/2021) siang di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Bantuan logistik yang disalurkan untuk Kabupaten Lumajang dari Dinas Sosial berupa seragam SD, SMP dan SMA sebanyak 60 stel, selimut 25 paket, kids ware 20 paket, sandang dewasa 20 stel, matras 10 biji, food ware 10 pcs. Selain itu, bantuan air mineral 100 dus, mie instan 100 kardus, beras sebanyak 20 sak dikemas dalam 5 kg dan air galon.

Dari Korpri Kabupaten Probolinggo bantuan yang diberikan berupa air mineral 100 dus , mie instans 100 dus dan beras 20 sak.

PMI Kabupaten Probolinggo juga memberikan bantuan berupa masker sebanyak 500 pcs, mie instan sebanyak 10 dus, kubis 3 (tiga) kwintal dan kentang sebanyak 1 (satu) kwintal. Selain itu PMI juga membantu mendirikan dapur umum.

Sedangkan dari PT. POMI Paiton memberikan bantuan berupa Pocari 600 ml 3 (tiga) dos, air mineral botol 1500 ml sebanyak 10 dos, mie goreng instant sebanyak 20 dos, kopi 2 (dua) dos, gula @ 1 kg 20 pcs, biskuit 10 kaleng, terpal ukuram 2 m x 3 m sejumlah 4 pcs, telur 2 (dua) krat, kompor plus tabung gas (selang regulator) sebanyak 2 dua unit, beras @ 10 kg sebanyak 10 sak, panci 4 (empat) unit, dandang 4 (empat) unit, mie instant gelas 10 doz dan Pop mie sebanyak 30 cup.

Bantuan untuk kebutuhan kesehatan, disalurkan berupa masker N 95 sejumlah 2 (dua) box, masker medis biasa 10 box, minyak kayu putih botol kecil 10 box dan Autan sachet 10 box sebagai kebutuhan mencegah adanya gigitan nyamuk dan serangga. Selain itu juga bantuan tenda kerucut 6 unit, tenda pleton 4 unit dan velbed 15 unit.

Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo juga memberikan bantuan kesehatan berupa obat-obatan untuk penanganan kesehatan masyarakat yang terdampak berupa masker oksigen untuk dewasa sejumlah 800 pcs, masker 3 ply sebanyak 10 ribu pcs, salep zulfadiazin 200 tube, Askina Sort sebanyak 104 pcs dan underpad 200 pcs. Serta menerjunkan Tim TRC dan ambulance.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara cepat memberikan bantuan sosial kemanusiaan untuk Kabupaten Lumajang agar supaya warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru bisa tertangani dengan baik dan dapat mengurangi penderitaannya.

“Berbagai macam bantuan sosial, logistik untuk kebutuhan makan dan obat-obatan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan perusahaan terhadap masyarakat di Kabupaten Lumajang agar supaya dapat mengurangi penderitaan masyarakat terlebih warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” katanya. (y0n)