Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Rakor Penanganan dan Pengendalian Penyakit Zoonosis

Pemkab Gelar Rakor Penanganan dan Pengendalian Penyakit Zoonosis

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pertanian (Diperta) bersinergi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar rapat koordinasi (rakor) penanganan dan pengendalian penyakit zoonosis, Jum’at (11/8/2023).

Kegiatan yang digelar di aula Diperta Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh ASN yang mendapatkan pelatihan investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah secara terpadu dengan pendekatan one health terdiri dari Dinkes, Diperta dan DLH Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membahas penyakit zoonosis yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya,” kata Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Nikolas Nuryulianto.

Melalui kegiatan ini Niko mengharapkan Diperta, Dinkes dan DLH Kabupaten Probolinggo memiliki pemahaman yang sama perihal penanganan dan pengendalian penyakit zoonosis di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu mampu mengoptimalkan adanya Koperasi, Koordinasi, Kolaborasi dan Komunikasi (4K) untuk penanggulangan zoonosis,” jelasnya.

Niko menerangkan kegiatan ini diharapkan bisa saling bertukar informasi terkait data penyakit zoonosis di wilayah Kabupaten Probolinggo. “Serta meningkatkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Probolinggo tentang penyakit zoonosis secara bersama-sama,” pungkasnya. (wan)