Monday, April 12, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Lomba Desa/Kelurahan Berseri

Pemkab Gelar Lomba Desa/Kelurahan Berseri

Reporter : Wahed Efendi
PAJARAKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Lomba Desa/Kelurahan Berseri tahun 2020, Senin hingga Selasa (9-17/11/2020) mendatang.

Lomba Desa/Kelurahan Berseri ini diikuti oleh 13 desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Probolinggo. Meliputi, Desa Leces Kecamatan Leces, Desa Kedungrejo Kecamatan Bantaran, Desa Ngepung Kecamatan Sukapura, Desa Lumbang Kecamatan Lumbang, Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan dan Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron.

Selanjutnya, Desa Sebaung Kecamatan Gending, Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan, Desa Kerampilan Kecamatan Besuk, Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran, Desa Tegalwatu Kecamatan Tiris dan Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar.

Mereka dinilai melalui beberapa kriteria meliputi kelembagaan dan partisipasi masyarakat, pengelolaan lingkungan hidup dan pengelolaan Sumber Daya Alam oleh tim juri terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo dan PT. POMI Paiton Energy.

“Lomba desa/kelurahan berseri ini dimaksudkan mewujudkan komitmen Pemerintahan Desa/Kelurahan agar melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berbasis dan berwawasan lingkungan sehingga terbentuk lingkungan desa/kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri,” kata Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Menurut Joko, tujuannya meningkatkan kapasitas pemerintah desa/kelurahan dalam manajemen pelestarian lingkungan di wilayahnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, lestari dan asri.

“Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup secara mandiri, memperkuat kapasitas masyarakat dalam melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta mewujudkan Kabupaten Probolinggo Hijau melalui desa/kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri,” jelasnya.

Joko menerangkan program Berseri (Bersih dan Lestari) dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 Juli 2011 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur di Kebun Raya Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

“Program desa/kelurahan Berseri untuk mewujudkan desa/kelurahan Ramah Lingkungan di Jawa Timur dan merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparat desa/kelurahan agar mau dan mampu menumbuhkembangkan potensi desa/kelurahan yang berperilaku ramah lingkungan serta upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi dengan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup, sehingga terwujud desa/kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri serta memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim,” tegasnya.

Dari lomba desa/kelurahan berseri ini nantinya akan diambil juara 1, 2 dan 3 untuk mendapatkan hadiah berupa sertifikat, trophy dan uang pembinaan. Khusus juara 1 dan 2 akan diusulkan untuk mengikuti Program Desa/Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021. (hed)

cww trust seal