Wednesday, June 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Bimtek Managemen dan Pemasaran Secara Go Online

Pemkab Gelar Bimtek Managemen dan Pemasaran Secara Go Online

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar bimbingan teknis (bimtek) managemen dan pemasaran secara go online pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) di aula Hotel Alliya Kraksaan, Kamis (28/2/2019).

Kegiatan ini oleh 50 orang peserta terdiri dari unsur IKM dari berbagai jenis produk diantaranya makanan dan minuman (mamin), batik, tenun dan handycraft. Sebagai narasumber hadir dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo serta Bukalapak.com.

Kasi Pembinaan dan Pengendalian Disperindag Kabupaten Probolinggo Saiful Hidayat mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pengusaha IKM bagaimana menyusun pembukuan perusahaan.

“Tujuannya para pengusaha menguasai teknik pemasaran online sesuai perkembangan zaman era digital. Pengusaha diharapkan bisa bersaing dalam produksi baik secara kualitas maupun kuantitas. Semangat untuk terus maju dengan bertambahnya rekanan, pengetahuan dan pengalaman,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Probolinggo Sri Edi Lestarini mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) pada IKM dalam mengembangkan usahanya.

“Setidaknya dengan kegiatan ini para IKM ini mampu meningkatkan serta mengembangkan usaha baik dari segi kualitas, kuantitas, mutu, permodalan serta pemasaran. Dimana pada akhirnya nanti akan berdampak kepada meningkatnya aset dan omsetnya,” katanya.

Menurut Sri Edi Lestarini, fokus dari kegiatan ini adalah pada managemen dan pemasaran. Bagaimana para IKM ini mampu meningkatkan omsetnya serta kalau butuh tambahan modal diberikan pinjaman kepada koperasi melalui Kredit Modal Kerja (KMK).

“Melalui kegiatan ini kami berharap bisa membantu para IKM agar usahanya lebih maju lagi. Harapannya produk IKM akan lebih dikenal oleh masyarakat luas lewat melalui pemasaran secara online. Salah satunya melalui aplikasi yang disediakan oleh Bukalapak.com. Karena disini para IKM dibantu dalam pembuatan akun pemasarannya,” pungkasnya. (wan)