Saturday, September 18, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Bimtek Aplikasi Sinjab

Pemkab Gelar Bimtek Aplikasi Sinjab

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Organisasi menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Informasi Jabatan (Sinjab) di lingkungan Pemkab Probolinggo, Selasa dan Rabu (24-25/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo ini diikuti oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan unit kerja di lingkungan Pemkab Probolinggo. Sebagai narasumber Bisri dari CV Citiplan Malang.

Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS mengungkapkan dalam rangka pelaksanaan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja, evaluasi jabatan serta Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah agar lebih mudah dan cepat, maka Pemkab Probolinggo menyusun suatu pedoman analisis jabatan dan analisis beban kerja di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Upaya tersebut dilakukan melalui teknologi informasi terkait aplikasi Sistem Informasi Jabatan (Sinjab) untuk pemenuhan Analisa Jabatan (Anjab), Analisa Beban Kerja (ABK), Evaluasi Jabatan (Evjab), Standar Kompetensi Jabatan (SKJ), Kerja ASN (SKP), Indikator Kinerja Individu (IKI), Tugas dan Fungsi (Tusi) sebagai bahan unsur kepegawaian dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan berbasis kinerja,” ungkapnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengatakan bimbingan teknis aplikasi Sinjab ini dimaksudkan agar mempunyai arah yang jelas dalam pemetaan jabatan, pemetaan kompetensi jabatan serta mengetahui kebutuhan pegawai baik jabatan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawasan dan jabatan umum/fungsional di berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Tujuannya untuk mempermudah dan lebih cepat informasi mengenai jabatan di Organisasi Perangkat Daerah/unit kerja serta mempermudah cara penginputan bagi seluruh analis Organisasi Perangkat Daerah/unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Aplikasi Sinjab ini dapat diintegrasikan dengan berbagai kebutuhan manajemen kepegawaian,” katanya.

Melalui kegiatan ini Mahbub mengharapkan nantinya dapat memastikan seluruh peserta bimtek memahami cara penginputan aplikasi Sinjab dan memahami beberapa variabel jabatan di aplikasi Sinjab. “Serta memastikan seluruh jabatan Organisasi Perangkat Daerah terinput semua ke dalam aplikasi Sinjab sesuai dengan peta jabatan Organisasi Perangkat Daerah sesuai dengan variabel jabatan di dalam aplikasi Sinjab,” pungkasnya. (dra)