Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Sosialisasi Peti Koin Bermantra

Pemkab Berikan Sosialisasi Peti Koin Bermantra

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pertanian (Diperta) memberikan sosialisasi Peti Koin Bermantra (Program Pemberdayaan Ekonomi Kolaboratif, Inklusif, Berkelanjutan, Mandiri dan Sejahtera) tahun 2024 di kediaman Ketua Kelompok Tani Eka Jaya Enam Desa Kalianan Kecamatan Krucil, Kamis (25/4/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta terdiri dari perwakilan dari Kecamatan Krucil, Desa Kalianan, perwakilan dari Bapelitbangda, fasilitator pendamping, ketua bersama dengan pengurus dan anggota kelompok tani, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, JF Prasarana dan Sarana Pertanian, JF Pengawas Benih Tanaman Muda dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Krucil.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi sekilas tentang Peti Koin Bermantra Provinsi Jawa Timur dari Pangastuti Gusti Rahayu dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, dukungan kegiatan Peti Koin Bermantra terhadap kemajuan petani kopi dari Evi Rosellawati selaku JF Pengawas Benih Tanaman Muda Diperta Kabupaten Probolinggo

Kelompok tani (yang masuk desil 2 kriteria miskin) mendapatkan bantuan alat/mesin paska panen kopi. Yaitu 1 unit pulper (alat pengupas kulit buah kopi) dan 1 unit huller (alat pengupas kulit ari kopi yang telah kering) dari bantuan APBD pada bulan Juni 2024.

Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi melalui Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Faiq El Himmah mengatakan Peti Koin Bermantra ini bertujuan sebagai pemberdayaan ekonomi yang diperuntukkan bagi penduduk miskin produktif yang bekerja di sektor pertanian dalam arti luas, khususnya di wilayah pedesaan melalui pendekatan keperantaraan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang kegiatan Peti Koin Bermantra di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Melalui kegiatan ini Faiq mengharapkan petani kopi lebih berdaya dan meningkat pendapatannya, sehingga kesejahteraan dan kemandirian tercapai. “Tindak lanjutnya saling sinergi antara Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur untuk memajukan petani kopi terutama di desa miskin dengan segala potensinya,” pungkasnya. (wan)