Monday, July 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Bentuk Pokdarwis Wisata Kano Sumberkedawung Leces

Pemkab Bentuk Pokdarwis Wisata Kano Sumberkedawung Leces

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Wisata Kano Sumberkedawung Leces yang berada di Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces.

“Wisata Kano Sumberkedawung merupakan sebuah wahana destinasi wisata baru dengan dengan memanfaatkan Rawa Sumbermata Air yang luasnya mencapai 9 hektar. Selain Kano, kedepan juga akan dilengkapi mainan bebek kayuh serta keramba ikan kuliner,” kata Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto.

Sebagai langkah awal dari pembentukan Wisata Kano tersebut jelas Sugeng, pada akhir tahun 2020 ini akan dikukuhkan Pokdarwis dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sektor wisata. “Sekaligus memaksimalkan peran masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dalam pengelolaan potensi wisata tersebut,” jelasnya.

Untuk sampai di Wisata Kano ini sangatlah mudah, masyarakat dari arah Lumajang maupun Surabaya bisa masuk melewati Jalan Pelita 1 yang berada di selatan Kantor Kecamatan Leces. Nantinya begitu masuk ke jalan tersebut akan ada penunjuk jalan yang akan memandu hingga sampai di lokasi Wisata Kano Sumberkedawung Leces.

“Untuk sarana prasarana, saat ini ada 2 perahu dan 10 Kano. Nantinya secara bertahap akan ditambah beberapa sarana prasarana lain seperti bebek kayuh dan lain sebagainya. Paling tidak nantinya akan semakin memperindah destinasi wisata tersebut,” terangnya.

Dengan adanya destinasi baru tersebut Sugeng mengharapkan akan mempunyai multi player efek terhadap pertumbuhan ekonomi warga sekitar serta akam tumbuh warung-warung, tempat ngopi, laham parkir dan berpotensi menjadi desa wisata.

“Mudah-mudahan keberadaan Wisata Kano Sumberkedawung Leces ini mampu mengangkat perekonomian masyarakat, terutama di tengah-tengah masa pandemi Covid-19,” harapnya. (wan)

cww trust seal