Friday, February 23, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemenang Lomba Vlog dan Yel-yel ASN Ber-AKHLAK Terima Piagam Penghargaan

Pemenang Lomba Vlog dan Yel-yel ASN Ber-AKHLAK Terima Piagam Penghargaan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Organisasi menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba Vlog dan Yel-yel ASN Ber-AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), Rabu (1/6/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Penyerahan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi para pemenang Lomba Vlog dan Yel-yel ASN Ber-AKHLAK ini dilakukan usai kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual.

Piagam penghargaan dan uang pembinaan ini secara simbolis oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Untuk juara pertama lomba Vlog ASN Ber-AKHLAK diraih oleh Aulia Safira Putri, staf dari Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo, juara kedua diraih oleh Rachmat Udiyanto, staf dari Inspektorat Kabupaten Probolinggo dan juara ketiga diraih oleh Tia, seorang perawat yang bertugas di Puskesmas Besuk.

Juara harapan pertama diraih oleh dr. Winulang yang bertugas di RSUD Tongas dan juara harapan kedua diraih oleh dr. Pungky yang bertugas di Puskesmas Gending. Sementara untuk Lomba Yel-yel ASN Ber-AKHLAK sesuai keputusan dewan juri dari Diskominfo, Bagian Humas dan Komunikasi Pimpinan, BKPSDM, Bank Jatim dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo, Puskesmas Sumberasih dengan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang lomba Yel-yel ASN Ber-AKHLAK.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan Core Values ASN Ber-AKHLAK berperan sebagai panduan berpikir, bertutur dan berperilaku. Tentunya Core Values ASN diimplementasikan dalam kata Ber-AKHLAK yang berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Ini sangat penting dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sebagaimana yang tertera pada moto ASN Employer Branding, budaya kerja ASN dengan semboyan semboyan Bangga Melayani Bangsa,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, sebagaimana nilai-nilai yang terkandung didalam makna Ber-AKHLAK yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Harmonis Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. “Nilai-nilai dasar Ber-AKHLAK menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi/instansi yang lebih baik,” tegasnya.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS menyampaikan Core values ASN Ber-AKHLAK merupakan nilai-nilai dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN dalam pemerintahan.

“Core Value ASN Ber-AKHLAK mencetak budaya kerja ASN berperilaku disiplin dan berperilaku yang lebih baik dalam pelayanan. Lomba ini adalah salah satu langkah awal untuk menerapkan ASN Ber-AKHLAK sebagai fondasi baru ASN yakni Bangga Melayani Bangsa,” ungkapnya. (y0n)