Friday, December 3, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Pembinaan Terintegrasi Pos PAUD Desa Randujalak

Pembinaan Terintegrasi Pos PAUD Desa Randujalak

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Bertempat di Balai Desa Randujalak Kecamatan Besuk, Jum’at (11/10/2019) diselenggarakan pembinaan terintegrasi Pos PAUD Desa Randujalak bersama Koordinator Tribina/Koordinator PLKB Kecamatan Besuk.

Kegiatan ini terlaksana berkat pola komunikasi, koordinasi dan sinergi pembinaan lintas sektor di Pos PAUD yang sudah mulai terjadwal. Hal ini tidak lepas dari hasil koordinasi penilik serta bimbingan Forkopimka di tingkat kecamatan.

Koordinator Tribina yang juga Ketua BPD Desa Randujalak Syaifudin Zuhri dalam arahannya menyampaikan terselenggaranya Pos PAUD di Balai Desa Randujalak yang dirintis oleh Penilik Diktara ini sangat baik dan riil untuk bisa mewujudkan sinergitas layanan dan pembinaan masyarakat, termasuk Tribina.

“Dengan ada Pos PAUD ini, menjadi pusat informasi dan pembinaan semua unsur mulai dari Ibu Kepala Desa, Puskesmas (stunting, gizi, kesehatan, PHBS), PLKB, Penilik, kependudukan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menyampaikan terima kasih kepada Koordinator PLKB yang telah aktif membina, informasi dan arahan tentang Tribina, puspaga dan lain sebagainya.

“Pembinaan terintegrasi semua lintas srktor di Pos PAUD ini sangat besar manfaat dan gunannya terutama sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan, isu stunting, pendewasaan usia nikah, puspaga dan lain sebagainya,” katanya.

Setelah 10 Pos PAUD di 10 desa berjalan baik, memenuhi standar penyelenggaraan Pos PAUD dan penganggaran yang jelas melalui Dana Desa diharapkan berkembangannya menjadi PAUD holistik integratif.

“Tentunya perlu diimbangi dengan keterlibatan semua pihak. Ini tidak mudah karena cakupan layanan lebih komplit dan butuh komitmen bersama serta disisi lain masing-masing instansi dan stakeholder yang lain juga punya tugas dan kewenangan yang tidak kalah penting dan mendesak sesuai target dan sasarannya,” pungkasnya. (wan)