Wednesday, August 4, 2021
Depan > Pemerintahan > Pelatihan Aplikasi e-DBHCHT Jatim Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Pelatihan Aplikasi e-DBHCHT Jatim Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Reporter : Wahid Efendi
PROBOLINGGO – Dalam rangka menjamin keakuratan data Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan aplikasi e-DBHCHT di Hotel Paseban Sena Probolinggo, Kamis, (27/08/2020).

Sebanyak 50 operator e-DBHCHT dari Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Jember mengikuti pelatihan tersebut.

Untuk menghindari dan mencegah penyebaran COVID-19, pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh peserta wajib membawa hasil rapid tes, wajib bermasker, jaga jarak, wajib mencuci tangan serta cek suhu tubuh sebelum memasuki ruangan pelatihan.

Koordinator kegiatan Shoviatus Sholihah mengatakan pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memudahkan perangkat daerah baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam rangka menyampaikan perencanaan kegiatan dan pelaporan sekaligus evaluasi pelaksanaan DBHCHT.

“Dengan menggunakan aplikasi e-DBHCHT pekerjaan kita lebih ringan dan untuk mengidentifikasi program kegiatan. Karena fitur aplikasi ini sudah mewadahi seluruh komponen yang dibutuhkan oleh Kementrian Keuangan dalam rangka pelaporan DBHCHT setiap semester,” katanya.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam penggunaan aplikasi.

Narasumber Nunky mengungkapkan bahwa pelatihan seperti ini sangat efektif, karena pesertanya sedikit, sehingga kesempatan untuk bertanya sangat banyak. Pihaknya sangat bersemangat juga melihat semangat dari para peserta pelatihan.

“Dengan diselenggarakannya pelatihan aplikasi ini, kami berharap adanya kesesuaian antara perencanaan, penganggaran serta pelaporan dan tercapainya laporan yang akuntable,” harapnya. (hid)

cww trust seal