Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Serahkan Bantuan Masker Kain

Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Serahkan Bantuan Masker Kain

Reporter : Hendra Trisianto
GADING – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mulai Senin (20/4/2020) menyerahkan bantuan masker kain kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo. Hal ini merupakan salah satu upaya pengendalian dampak penyebaran COVID-19 pada beberapa wilayah terpapar.

Prioritas pertama yang harus segera terpenuhi kebutuhan masker tersebut adalah pada 5 (lima) wilayah zona merah yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Kawasan Desa Wajib Pakai Masker.

Desa zona merah tersebut yakni Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton, Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran, Desa Bulu Kecamatan Kraksaan, Desa Prasi Kecamatan Gading dan Desa Bayeman Kecamatan Tongas.

“Bantuan masker kain ini kami serahkan kepada Camat untuk selanjutnya didistribusikan kepada Kepala Dusun, atau RW/RT setempat. Satu masker kain untuk setiap warga pada desa terpapar COVID-19,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian saat menyerahkan bantuan masker kain di Desa Prasi Kecamatan Gading.

Yulius menjelaskan saat ini sedikitnya ada sebanyak 20 ribu lebih masker kain yang telah disiapkan oleh Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo yang harus segera didistribusikan di lima desa zona merah. Dengan perincian Desa Bulu sebanyak 4.918 buah, Desa Prasi sebanyak 3.559 buah, Desa Alaspandan sebanyak 2.027 buah, Desa Jabungsisir sebanyak 3.600 buah dan Desa Bayeman sebanyak 6.963 buah

“Kami harap Camat dan Kades setempat agar mengedukasi warganya untuk lebih disiplin dalam penggunaan masker. Dengan memakai masker berarti kita melindungi diri sendiri dan orang lain. Selain itu agar selalu menjaga imunitas tubuh, selalu mencuci tangan dengan sabun serta disiplin menjalankan physical distancing,” ucapnya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami sangat bersyukur atas bantuan masker kain yang diperuntukkan bagi warganya. Tidak hanya masker, di waktu yang sama pihaknya juga menerima bantuan berupa bahan pangan dari Ikatan Penyuluh KB Kabupaten Probolinggo serta Kodim 0820 Probolinggo yang khusus diperuntukkan bagi warga dusun yang sedang menjalani karantina.

“Alhamdulillah sebelumnya kami juga menerima bantuan dari paguyuban Kepala desa se-Kecamatan Gading. Ini menunjukkan bahwa sangat banyak yang peduli terhadap kami. Sekali lagi karantina ini bukanlah untuk mengucilkan akan tetapi untuk mengamankan supaya COVID-19 tidak menyebar luas,” pungkasnya. (dra)