Wednesday, June 16, 2021
Depan > Pemerintahan > Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Catat Total PDP 12 Orang

Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Catat Total PDP 12 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Minggu (12/4/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mencatat ada tambahan 1 (satu) orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang menjalani perawatan di RSUD Tongas. Dengan demikian, total sudah ada 12 orang PDP di Kabupaten Probolinggo. Rinciannya, 1 orang dalam perawatan, 6 orang sehat dan 5 orang meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto. Menurutnya, PDP tambahan ini berusia 80 tahun ini berasal dari Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu dan mempunyai riwayat perjalanan dari daerah epicentrum Corona Virus Disease (COVID-19) Surabaya.

“Dia masuk ke RSUD Tongas karena PDP yang sesak napas. Tapi khan kalau sudah umur segitu sebenarnya penyakitnya banyak. Cuma karena kita tidak mau kecolongan dan dari Surabaya kita masukkan PDP, walaupun sebenarnya tidak mengarah kesana. Cuma kita harus hati-hati di situasi sekarang ini dan tidak mau kecolongan,” katanya.

Anang juga menyampaikan bahwa ada 1 (satu) orang PDP berusia 50 tahun asal Desa Kalirejo Kecamatan Dringu yang meninggal dunia Sabtu (11/4/2020) malam. Perempuan yang mempunyai riwayat perjalanan dari epicentrum Lumajang dan pernah kontak dengan PDP di Lumajang ini penyakitnya banyak sekali. Artinya kalau bahasa kedokteran itu penyakit dasarnya itu banyak sekali.

“Kami lakukan rapid test sudah negatif dan cenderung bukan karena faktor sakit dugaan COVID-19. Cuma secara prosedural dalam situasi seperti ini, kita anggap sebagai pasien dengan penyakit infeksius,” jelasnya.

Sejauh ini jelas Anang, masyarakat Kabupaten Probolinggo yang sudah dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 4 orang. Mereka yang merupakan klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya ini berasal dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas, Desa Prasi Kecamatan Gading, Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton dan Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran.

“Kami juga mencatat hingga saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 309 orang atau bertambah 4 orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 305 orang dengan keterangan 219 orang dalam pemantauan, 89 orang selesai dipantau dan 1 orang meninggal dunia,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal