Saturday, July 24, 2021
Depan > Kesehatan > Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Catat 16 Positif, 24 PDP dan 335 ODP

Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Catat 16 Positif, 24 PDP dan 335 ODP

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Kabupaten Probolinggo mencatat hingga Sabtu (18/4/2020) malam, perkembangan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo terdiri dari 16 orang positif COVID-19.

Mereka berasal dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas sebanyak 4 orang, Desa Prasi Kecamatan Gading sebanyak 2 orang, Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton sebanyak 8 orang dan Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran sebanyak 1 orang serta Desa Bulu Kecamatan Kraksaan sebanyak 1 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto. “Semua yang positif khan secara protokol dia tidak dirawat seharusnya, tapi kalau masyarakatnya dia mampu harusnya cukup isolasi mandiri perbaiki gizi yang cukup, vitamin harapannya nanti daya tahan tubuhnya nanti seminggu dua minggu ke depan sudah pulih dan hasil swabnya akan negatif semuanya,” katanya.

Menurut Anang, karena mereka tidak bisa dijamin kedisiplinannya maka Pemerintah Daerah mengarahkan untuk dilakukan isolasi mandiri yang diawasi di dalam rumah pengawasan. Isolasi mandiri yang dikelola oleh Pemerintah Daerah dalam rumah pengawasan.

“Itu kita atur dan kita disiplinkan mereka dengan diberikan gizi yang cukup, vitamin dan kita lakukan swab berikutnya. Insya Allah minggu depan akan kita lakukan swab secara bergelombang. Kalau mereka fit, maka akan segera pulih,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri terang Anang, bahwa sejuah ini pasien positif COVID-19 semuanya berasal dari klaster pelatihan haji di Sukolilo Surabaya. Dari awal, pihaknya sudah melakukan tracking kepada semua peserta pelatihan tersebut.

“Dari semua peserta pelatihan yang sudah menjalani pemeriksaan swab, 6 peserta diantaranya hasilnya sudah kita terima dan dinyatakan negatif. Untuk trackingnya kita fokusnya kepada 4 orang yang positif COVID-19,” tegasnya.

Selain itu, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo juga mencatat jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang mencapai 24 orang atau ada tambahan 2 orang dari sebelumnya yang mencapai 22 orang dengan keterangan 5 orang dalam pengawasan, 11 orang selesai diawasi dan 8 orang meninggal dunia.

Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 335 orang atau bertambah 4 orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 331 orang dengan keterangan 216 orang dalam pemantauan, 118 orang selesai dipantau dan 1 orang meninggal dunia. (wan)

cww trust seal