Depan > Kemasyarakatan > Peduli Korban Longsor Krucil, MIN 2 Probolinggo Gelar Bakti Sosial

Peduli Korban Longsor Krucil, MIN 2 Probolinggo Gelar Bakti Sosial

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Probolinggo bersama anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo unit MIN 2 Probolinggo melakukan bakti sosial (baksos) sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana longsor yang terjadi di Desa Kalianan Kecamatan Krucil, Sabtu (17/9/2022).

Baksos ini diikuti oleh 45 orang keluarga besar MIN 2 Probolinggo dan anggota DWP Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo dengan memberikan donasi bantuan kepada korban bencana longsor yang mengakibatkan 3 rumah rusak dengan rincian 2 rumah rata dengan tanah dan 1 rumah rusak parah. Saat ini korban menempati 3 tenda pengungsian yang didirikan dekat lokasi bencana.

Kepala Desa Kalianan Sahar menyampaikan rumah warga yang rusak akan tetap dibangun baik melalui program perkin maupun program bantuan lainnya. “Alhamdulillah, sudah ada bantuan yang turun langsung ke lokasi dan MIN 2 Probolinggo termasuk lembaga pendidikan yang mengawali. Sebelumnya sudah ada dari SD Kalianan dan MTs,” ujarnya.

Sementara Kepala MIN 2 Probolinggo Sumiati mengaku sangat bersyukur karena MIN 2 Probolinggo termasuk golongan lembaga yang awal dalam pemberian bantuan. “Kami memang bertekad turun langsung ke lokasi bencana walaupun medan yang harus dilewati adalah medan yang sangat sulit, penuh perjuangan dan tekad yang tinggi. Sebab jalanan yang kami lewati adalah jalan makadam berbatu yang terjal dan turunan yang ekstrim,” katanya.

Meskipun demikian jelas Sumiati, pihaknya melaluinya dengan senang hati walaupun ada sedikit kekhawatiran akan keselamatan. Bahkan ada diantara rombongan jatuh dari motor dan ada yang harus jalan kaki beberapa kilometer karena ketakutan melihat jalan yang rusak yang harus dilewati. “Semua itu bisa kami lalui karena kami memang berniat memberikan bantuan kepada sesama manakala terkena musibah,” terangnya.

Menurut Sumiati, siswa, wali siswa, GTK dan DWP Unit MIN 2 Probolinggo mulai hari Kamis tanggal 15 September 2022 yang lalu mengumpulkan shodakoh seikhlasnya untuk korban bencana hingga terkumpul dana bantuan sebesar Rp. 3 000.000. “Alhamdulillah semoga bisa sedikit meringankan beban para korban dan semoga bermanfaat,” tegasnya.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik antara DWP, GTK MIN 2 Probolinggo bersama Paguyuban Wali Siswa MIN 2 Probolinggo. “Kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu brand MINDAPRO sebagai Madrasah Adiwiyata,” pungkasnya. (wan)