Monday, September 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Peduli COVID-19, Gerakan Koperasi Sumbang Sembako dan Nutrisi

Peduli COVID-19, Gerakan Koperasi Sumbang Sembako dan Nutrisi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai bentuk kepedulian terhadap mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo bersama Gerakan Koperasi Kabupaten Probolinggo melalui Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Probolinggo memberikan sumbangan berupa sembako, nutrisi dan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, Senin dan Selasa (4-5/5/2020).

Bhakti sosial bertajuk “Koperasi Peduli COVID-19” ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Koperasi ke-73 Tahun 2020 di Kabupaten Probolinggo. Hal ini merupakan bentuk kepekaan sosial Gerakan Koperasi bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Koperasi Peduli COVID-19 ini diwujudkan dengan pemberian sembako dan nutrisi. Untuk sembako diberikan bagi masyarakat terdampak sebanyak 450 paket di Kecamatan Tongas, Kraksaan, Gading, Paiton dan Pakuniran. Sementara nutrisi bagi tenaga medis di RSUD Tongas sebanyak 150 paket dan Tempat Karantina di Kecamatan Kraksaan, tepatnya di SMPN 2 Kraksaan sebanyak 50 paket. Nutrisi ini diberikan kepada tenaga medis dan pemudik yang ada di tempat karantina tersebut.

Sumber dana dari kegiatan Koperasi Peduli COVID-19 ini berasal dari pengumpulan dana yang dilakukan oleh sekitar 55 koperasi yang tergabung dalam Gabungan Koperasi Kabupaten Probolinggo. Hasil dananya digunakan untuk membeli ratusan paket sembako dan nutrisi untuk dibagikan di 5 kecamatan zona merah penyebaran COVID-19 di kabupaten Probolinggo.

Selain menyerahkan sembako dan nutrisi, kegiatan Koperasi Peduli COVID-19 ini juga diisi dengan penyerahan masker yang diberikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto didampingi Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya kepada Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan bahwa bantuan ratusan paket sembako dan nutrisi bagi para tenaga kesehatan tersebut merupakan salah bentuk kepedulian dari gabungan koperasi Kabupaten Probolinggo dalam mengurangi dampak penyebaran COVID-19.

“Melalui momentum peringatan Hari Koperasi ke-73 ini kami ingin teman-teman kita yang sedang menjalani isolasi dan para medis yang sedang bertugas. Beliau ini adalah garda terdepan dalam membantu masyarakat di tengah-tengah pandemi COVID-19,” katanya.

Anung berharap agar kegiatan ini bisa meringankan beban Pemerintah Daerah, baik masyarakat maupun tenaga medisnya. “Saya berpesan kepada masyarakat taati anjuran pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19 agar wabah ini bisa cepat selesai,” harapnya.

Sementara Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya menyampaikan kegiatan ini sebagai salah kepekaan gerakan koperasi di Kabupaten Probolinggo pada pandemi COVID-19. Dari aksi bhakti sosial ini terkumpul dana sebesar Rp 77 juta yang diwujudkan dalam bentuk sembako untuk warga terdampak dan paket nutrisi untuk para medis.

“Kegiatan ini tujuannya sebagai salah satu bentuk bahwa koperasi itu adalah kegiatan sosial yang memiliki kepekaan sosial sehingga gerakan koperasi dan insan koperasi mampu melaksanakan kegiatan berbagi kepada masyarakat dan petugas medis,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Koperasi Peduli COVID-19 ini Joko mengharapkan agar bantuan yang diberikan ini bermanfaat untuk ikut sedikit membantu bagi masyarakat terdampak COVID-19 dan nutrisi para medis untuk tetap semangat berjuang menyelesaikan masalah COVID-19 di Kabupaten Probolinggo. (wan)