Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > PDP Asal Desa Liprak Kulon Selesai Diawasi

PDP Asal Desa Liprak Kulon Selesai Diawasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto memastikan bahwa satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Desa Liprak Kulon Kecamatan Banyuanyar selesai diawasi.

“Alhamdulillah, satu PDP berjenis kelamin laki-laki berusia 47 tahun dari Desa Liprak Kulon Kecamatan Banyuanyar selesai diawasi. Hal ini dipastikan setelah hasil swab dua kali negatif,” katanya.

Menurut Anang, kalau kondisinya memang sudah bagus dan sudah agak lama posisinya menunggu hasil swab. “Saat ini hasil swabnya keluar semua dan negatif. Jadi dia PDP yang kebetulan tidak pernah konformasi karena hasilnya negatif,” jelasnya..

Anang menerangkan bahwa penyakit sebenarnya yang dialami oleh PDP tersebut adalah gangguan paru-paru dan sesak. Tapi sebenarnya kondisinya sudah sehat tinggal menunggu hasil swabnya. “Begitu hasil swabnya negatif, baru kita pastikan bahwa dia tidak ada hubungannya dengan Corona,” terangnya.

Terkait dengan pemanfaatan alat TCM (Tes Cepat Molekuler) dengan metode PCR di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Anang menyampaikan bahwa alat TCM tersebut sudah berfungsi dan siap digunakan. Saat ini masih menunggu kasus-kasus yang lain. Kebetulan sebagian besar kasus-kasus swab itu sudah dikirimkan ke Surabaya. Tapi yang lain-lain masih belum ada penambahan khusus.

“Karena memang alat TCM ini kita prioritaskan pada kasus-kasus yang membutuhkan hasil yang cepat. Kita memang selektif, kasus-kasus yang membutuhkan hasil yang cepat maka kita lakukan TCM,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal