Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Pastikan Langkah Tepat Pemulihan Penderita Covid-19 Gejala Ringan

Pastikan Langkah Tepat Pemulihan Penderita Covid-19 Gejala Ringan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan, umumnya proses pemulihan berlangsung lebih cepat. Namun pada kondisi tertentu, pasien mengalami gejala Covid-19 berkepanjangan meski hasil tes sudah negatif atau yang biasa disebut “Long Covid-19”

“Ada beberapa langkah dan tips yang bisa dilakukan untuk pemulihan penderita Covid-19 dengan gejala ringan,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Pemulihan penderita Covid-19 dengan gejala ringan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cara rutin membersihkan rumah dan membersihkan seluruh permukaan dengan cairan disinfektan.

“Selalu jaga pola hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga makanan gizi seimbang, olahraga ringan dan teratur, terapkan etika bersin dan etika batuk serta pastikan pikiran tetap tenang,” jelasnya.

Hal lain adalah dengan rutin memakai masker. Maksimal penggunaan masker 8 jam. Cek selalu kebersihan masker kain. Jika masker kotor atau basah, bungkus dan buang ke tempat sampah tersendiri.

“Jika timbul gejala, tetap di rumah hingga masa isolasi selesai dan segera lapor ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” tegasnya.

Dewi menambahkan, pemilihan kamar isolasi juga bisa menjadi salah satu langkah dalam pemulihan penderita Covid-19 dengan gejala ringan. Dalam memilih kamar isolasi, pastikan kamar terpisah dengan anggota keluarga yang sehat, jaga jarak 1-2 meter, alat makan dan mandi sendiri serta tempat mandi sebaiknya terpisah.

“Rutin cek kondisi tubuh dan berjemur. Cek suhu tubuh dan kadar oksigen dalam darah 2 kali sehari serta berjemur 15-30 menit,” pungkasnya. (wan)