Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pemerintahan > Pastikan Kesiapan SKD CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru

Pastikan Kesiapan SKD CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memastikan kesiapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru di Kabupaten Probolinggo. Kesiapan tersebut dilakukan dengan menggelar Gladi bersih dan simulasi dan pengecekan sejumlah sarana prasarana pendukung yang dibutuhkan, Senin (20/9/2021) pagi.

Pengecekan pelaksanaan SKD CASN dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru yang akan dilaksanakan di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo pada 21 hingga 28 September 2021 ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono selaku Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kabupaten Probolinggo bersama koordinator Petugas Pelaksana Seleksi Nasional SKD CASN Tahun 2021 Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Sri Hartini.

Turut mendampingi dalam kesempatan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin serta sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Pengecekan pertama diawali dari kegiatan swab antigen di balkon lantai III Kantor Bupati bagi seluruh petugas yang akan bertugas mulai besok Selasa (21/9/2021). Kemudian dilanjut memeriksa kesiapan sarana prasarana dan alur masuk peserta seleksi kompetensi mulai dari pintu depan sampai Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo yang akan menjadi pusat pelaksanaan SKD.

Di ruangan tersebut ratusan laptop sudah terpasang di atas meja masing-masing peserta. Tampak beberapa petugas sedang merapikan sarana dan prasarananya terkait dengan kualitas jaringan IT sekaligus untuk mengintegrasikan dengan server BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Pengecekan juga dilakukan terhadap kesiapan petugas keamanan dan kamar mandi di setiap lantai. Halaman Kantor Bupati Probolinggo juga tidak lepas dari pengecekan. Terutama pada lokasi tunggu hingga pelayanan kesehatan di sisi luar sebelah timur dan ruang isolasi di sisi sebelah barat.

“Alhamdulillah, kesiapannya sudah kita persiapkan sejak beberapa hari yang lalu. Sebelumnya kami juga telah melakukan rapat-rapat koordinasi beberapa kali. Terutama kesiapan di ruangan yang akan ditempati pelaksanaan SKD sudah ready. Saat ini hanya proses mengintegrasikan server yang dilakukan pihak BKN dan vendor,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Sementara Koordinator Petugas Pelaksana Seleksi Nasional SKD CASN Tahun 2021 Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Sri Hartini mengemukakan bahwa berdasarkan pengamatan, simulasi dan gladi H-1 ini persiapannya sudah sangat detail dan penerapan protokol kesehatan sudah sangat bagus. “Selain itu lokasinya cukup luas sehingga potensi kerumunan pada masing-masing alur sangat mungkin untuk kita minimalisir,” terangnya.

Sri Hartini menegaskan intinya peserta datang harus dengan prokes ketat, yakni wajib mengunakan masker double yakni menggunakan masker medis dulu kemudian dilapisi dengan masker kain. Selain itu karena setiap peserta harus melalui alur-alur yang tidak boleh terlewatkan mulai dari pintu masuk sampai dengan cek dokumen dan registrasi maka peserta wajib hadir 90 menit sebelum pelaksanaan.

“Tentunya kami semua berharap sama, bahwa proses perjalanan rekrutmen SKD di Kabupaten Probolinggo ini dapat berjalan lancar dan intinya adalah penerapan prokes yang ketat. Karena kami semua tidak ingin timbulnya klaster Covid-19 pada pelaksanaan SKD kali ini,” tegasnya. (dra)