Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pasca Puting Beliung, Tiga Rumah Rusak Langsung Diperbaiki

Pasca Puting Beliung, Tiga Rumah Rusak Langsung Diperbaiki

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Pasca rusaknya 3 (tiga) rumah warga di Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan akibat diterjang angin puting beliung, Senin (1/2/2021) sore, Pemerintah Kecamatan Pajarakan bersama Pemerintah Desa Penambangan langsung bergerak cepat dengan melakukan rehabilitasi dan perbaikan terhadap bagian rumah yang rusak tersebut, Selasa (2/2/2021).

Perbaikan rumah ini untuk bahan bangunannnya dibantu oleh Pemerintah Desa Penambangan dan swadaya masyarakat. Selain itu juga ada bantuan berupa sembako dan terpal dari BPBD Kabupaten Probolinggo.

Proses perbaikan 3 rumah milik Buni, Ina dan Jum di Dusun Landangan Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan ini dihadiri oleh Camat Pajarakan Rahmad Hidayanto dan jajaran Forkopimka Pajarakan, Kepala Desa Penambangan Hasanuddin bersama segenap perangkat desa.

Kepala Desa Penambangan Hasanuddin mengatakan, ketiga rumah itu rusak karena diterjang angin puting beliung saat hujan masih deras sehari sebelumnya. Meskipun penghuni rumah masih didalam, tetapi tidak sampai mengalami luka.

“Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa meskipun saat kejadian masing-masing pemilik rumah ada didalam. Memang dalam beberapa hari ini cuacanya lumayan ekstrim,” katanya.

Menurut Hasanuddin, terjangan angin puting beliung itu merusak atap dan bagian luar rumah. Sehingga, kerusakan yang dialami oleh ketiga rumah hanya didapati pada bagian luar saja. “Kami bersyukur karena peristiwa ini tidak sampai menyebabkan rumahnya roboh dan tidak ada korban jiwa,” tegasnya.

Sementara Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto mengungkapkan pasca kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan segenap pihak, termasuk BPBD Kabupaten Probolinggo. “Kami langsung gerak cepat untuk melakukan penanganan. Terlebih intensitas curah hujan masih tinggi. Setidaknya saat hujan rumahnya sudah tidak bocor karena kerusakannya sudah diperbaiki,” ungkapnya.

Rachmad menegaskan saat ini cuaca masih ekstrim sehingga dimungkinkan adanya kejadian-kejadian bencana alam. “Untuk itu dimohon kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati,” pintanya. (wan)

cww trust seal