Friday, September 17, 2021
Depan > Pemerintahan > Panitia Pilkades 4 Desa di Kecamatan Sumberasih Tetapkan dan Undi Nomor Urut Cakades

Panitia Pilkades 4 Desa di Kecamatan Sumberasih Tetapkan dan Undi Nomor Urut Cakades

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 4 (empat) desa di Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo melakukan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa (cakades) peserta Pilkades serentak 2021.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, masing-masing panitia Pilkades di tiap-tiap desa melakukan prosesi penetapan bakal calon kepala desa (Balonkades) menjadi calon kepala desa (cakades) dan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut cakades untuk mengikuti Pilkades di masing-masing kantor desa di Kecamatan Sumberasih, Kamis (18/3/2021).

Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih didampingi anggota Forkopimka Sumberasih, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian serta Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Probolinggo Heri Mulyadi berkesempatan hadir pada kegiatan penetapan dan pengundian nomor urut cakades.

Kegiatan ini diawali pada pukul 08.00 WIB di Desa Muneng dengan 5 (lima) cakades yang telah ditetapkan dan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut cakades dengan hasil Cakades Jusid dengan nomor 1, Cakades Buasan dengan nomor 2, Cakades Rohman Hakim dengan nomor 3, Cakades Nur Rahmat dengan nomor 4 dan Cakades Nemo Suyanto dengan nomor 5.

Di Desa Banjarsari terdapat 5 (lima) cakades yang telah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut. Cakades Sugito dengan nomor 1, Cakades Nurhuda dengan nomor 2, Cakades Edi Irgi Ardiansyah dengan nomor 3, Cakades Moch Abdul Wakhid dengan nomor 4 dan Cakades Siti Aminah dengan nomor 5.

Selanjutnya di Desa Ambulu terdapat 3 (tiga) cakades yang telah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut. Yakni, Cakades Eko Sudargianto dengan nomor 1, Cakades Sutrisno dengan nomor 2 dan Cakades Ahmad Taufik dengan nomor 3.

Serta Desa Pesisir terdapat 3 (tiga) cakades yang telah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut. Yakni, Cakades Asmad dengan nomor 1, Cakades Wasis Hariyanto dengan nomor 2 dan Cakades Moh Rofi’i dengan nomor 3.

Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih menegaskan hal terpenting bagi para cakades untuk dapat menggerakkan hati masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi pemilihan kepala desa agar dapatnya menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Harapannya siapa saja yang ditakdirkan dan terpilih bisa menjadi kepala desa dan membawa desanya dengan baik.

“Bagi calon yang terpilih untuk dapatnya menjalin komunikasi dan menjalin silaturahim yang harmonis dengan para calon-calon yang belum terpilih oleh masyarakat menjadi kepala desa. Para calon nantinya bisa menerima apa adanya dan legowo terhadap hasil suara yang diperolehnya,” katanya.

Menurut Wiwit, ada tahapan kampanye pada situasi pandemi Covid-19 yang dilakukan secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak diperkenankan melaksanakan kampanye mengundang banyak masa. Jika para calon dalam pesta demokrasi Pilkades ada yang melanggar protokol kesehatan nantinya akan menerima konsekwensinya.

“Pesta Demokrasi pilkades serentak ini berpedoman pada Peraturan Bupati Probolinggo. Terkait dengan poster atau banner ditentukan oleh panitia yaitu satu poster atau banner ada para calon beserta visi misinya. Tidak diperkenankan para calon membuat poster atau banner sendiri sendiri (individu). Selain itu, nantinya akan dilaksanakan ikrar damai yang diikuti oleh para calon pada tanggal 18 April 2021,” pungkasnya. (y0n)