Wednesday, September 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Orang Positif Virus Corona Meninggal Dunia Kembali Bertambah

Orang Positif Virus Corona Meninggal Dunia Kembali Bertambah

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Jumlah orang positif terkonfirmasi Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo yang meninggal dunia kembali bertambah. Saat ini jumlahnya mencapai 9 orang setelah ada tambahan 2 (dua) orang positif virus Corona, Senin (3/8/2020) malam.

Juru Bicara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COV ID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia ini adalah laki-laki berusia 33 tahun dari Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas dan perempuan berusia 46 tahun dari Desa Pabean Kecamatan Dringu.

“Mereka berdua masuk dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal yang tidak jelas sumbernya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo ini.

Menurut Anang, untuk satu orang yang meninggal dunia yang berasal dari Desa Pabean Kecamatan Dringu ini sebenarnya meninggalnya sudah beberapa hari yang lalu. Waktu itu posisinya dalam posisi probable kasus suspect.

“Tetapi karena hasil pemeriksaan swabnya masih belum keluar, maka yang bersangkutan dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan pemakaman COVID-19. Namun saat ini hasil pemeriksaan swabnya keluar dan positif dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19,” jelasnya.

Sementara yang meninggal dunia dari Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas ini merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya. “Yang bersangkutan ini menjalani perawatan di RSUD Tongas dengan komorbid kelebihan berat badan atau gemuk,” terangnya.

Anang menambahkan faktor kegemukan memang juga memiliki resiko yang besar dan saat dilakukan pemeriksaan rontgen ada gambaran pneumolinya. Begitu dilakukan pemeriksaan swab hasilnya positif terkonfirmasi COVID-19. “Untuk proses pemakamannya dari yang bersangkutan dilakukan sesuai dengan standart prosedur protokol kesehatan pemakaman COVID-19,” pungkasnya. (wan)