Wednesday, September 22, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Orang Positif Virus Corona Bertambah 2 Orang

Orang Positif Virus Corona Bertambah 2 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo hingga Sabtu (13/6/2020) malam merilis orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo bertambah 2 (dua) orang.

Dengan demikian, total orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 122 orang dengan keterangan 17 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 102 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan tambahan 2 (dua) orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini merupakan Klaster Pelangi karena sumber penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas dari mana.

“Keduanya sebenarnya berdomisili di Kota Probolinggo, tetapi karena aktifitasnya banyak berinteraksi di Kabupaten Probolinggo, maka kasusnya dimasukkan di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Anang, keduanya merupakan hasil dari rapid test massal yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan hasil reaktif. Setelah diadakan pemeriksaan swab di BBTKL Surabaya hasilnya positif.

“Alhamdulillah ke-2 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini dalam kondisi sehat wal afiat. Artinya mereka masuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala). Malam ini juga keduanya akan masuk ke rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo untuk menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas medis dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo ini menegaskan untuk trackingnya sebenarnya sudah dilakukan semuanya, cuma nanti akan diperdalam lagi masalah trackingnya untuk mengetahui kontak-kontak erat yang sudah dilakukan oleh keduanya.

“Meskipun berdomisili di Kota Probolinggo, tetapi trackingnya tetap akan dilakukan oleh tim tracking dari Kabupaten Proboliggo. Karena keduanya lebih banyak berinteraksi di ruang kerjanya di Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Akhirnya kita akan runut di tempat kerjanya mulai dari teman kerja dan orang-orang dekatnya selain di lingkungan rumahnya di Kota Probolinggo,” pungkasnya. (wan)